Connect with us

Sponsored Posts

Perbedaan Signifikan antara Marketplace vs Online Shop

Published

on

Trenteknologi.com – Berkembangnya dunia teknologi saat ini membuat semuanya dapat dengan mudah menjangkau berbagai hal hanya dengan satu sentuhan saja, termasuk para pebisnis yang pada prinsipnya ingin memasarkan produk-produk yang dimilikinya. Karena dengan canggihnya teknologi saat ini khususnya teknologi web, untuk Anda para pebisnis jika ingin memasarkan produk Anda secara luas dapat memanfaatkan web site sebagai media pemasaran produk Anda, yaitu dengan konsep Marketplace ataupun toko online. Tetapi jika Anda merasa tidak memiliki kemampuan untuk membuat sebuah web site, Anda tidak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak sekali para penyedia jasa pembuatan website.

Secara garis besar, Marketplace merupakan konsep pasar yang secara nyata mempertemukan sekelompok penjual dengan pembeli. Sebagai contoh seperti BukaLapak, OLX atau Tokopedia. Konsep Marketplace pada dasarnya sebagian besar diambil Dari sistem toko online, lalu kalau begitu apa perbedaan Dari Marketplace dengan toko online ? Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan Marketplace vs toko online yang mungkin harus Anda ketahui.

marketplace-or-online-shop

Kelebihan Marketplace

Potensi Penjualan Lebih Besar

Saat ini lalu lintas pengguna web di Indonesia yang ingin mencari suatu produk selalu meningkat setiap harinya. Sebagai contoh seperti BukaLapak, OLX ataupun Tokopedia. Dengan fakta tersebut, dapat menjadi peluang Anda untuk membuat sebuah website Marketplace sebagai media antara penjual dan pembeli.

 

Infrastruktur Marketplace

Marketplace telah dikembangkan untuk menjadi tuan rumah dari berbagai macam produk dan menjualnya ke sejumlah besar pembeli aktif setiap harinya. Sebagian besar pelanggan mengakses sebuah web site Marketplace dengan alasan untuk kenyamanan dalam berbelanja, perbandingan produk, dan transaksi lebih efisien. Selain itu Marketplace juga membuatnya sangat mudah Dari sisi penjual karena web site Marketplace tersebut Akan menangani seluruh transaksi antara penjual dan pembeli secara cepat dan aman bagi kedua belah pihak.

BACA JUGA :  Toko Online Yang Menjual Pulsa Murah dan Aman

 

Kredibilitas dan Kepercayaan

Ketika pembeli memutuskan untuk menggunakan web site Marketplace seperti BukaLapak, OLX atau Tokopedia, penjual akan mendapatkan kredibilitas dan kepercayaan karena ketiga web site Marketplace tersebut telah terkenal dan terpercaya dalam melayani pelanggan selama ini. Maka Dari itu para pembeli Akan merasa sangat nyaman dan aman pada saat melakukan transaksi, sehingga kedepannya pembeli tersebut Akan kembali lagi atau bahkan merekomendasikan kepada orang lain.

 

Dengan adanya fakta tentang kelebihan Marketplace tersebut, dapat menjadi peluang Anda untuk memasarkan produk Anda. Atau bahkan juga Anda dapat menjadi pemilik Dari Marketplace tersebut dengan menggunakan jasa pembuatan Marketplace, untuk membuat web site Marketplace seperti apapun yang Anda inginkan. Dengan memiliki website Marketplace sendiri, Anda juga dapat membuka peluang bagi para pebisnis on-line lainnya dan pastinya Anda pun dapat meraih keuntungan Dari transaksi antara penjual dan pembeli tersebut. Setelah Anda memiliki web site Marketplace sendiri, Anda juga dapat langsung membuat aplikasi web base juga menggunakan jasa pembuatan web base. Karena dengan adanya aplikasi internet base tersebut, para pengguna dapat lebih mudah dan nyaman dalam menggunakan web site Marketplace Anda.

 

Kelebihan Toko Online

Memegang Semua Kontrol

Memiliki toko online Anda sendiri, Akan dapat memberikan Anda kebebasan untuk menyajikan produk-produk yang Anda miliki. Selain itu Anda juga dapat menciptakan merek dan pasar untuk pengunjung Anda sesuai dengan target konsumen yang Anda inginkan. Maka Dari itu dengan kelebihan tersebut dapat menjadi kesempatan Anda untuk menciptakan pengalaman belanja yang diinginkan oleh target konsumen Anda. Dengan toko online sendiri, Anda juga dapat membuat sebuah website blog, membuat video produk, atau bahkan menciptakan produk baru.

BACA JUGA :  Toko Online Yang Menjual Pulsa Murah dan Aman

 

Akses Informasi Pelanggan

Ini adalah aspek terpenting Dari memiliki toko on-line sendiri, hal tersebut dikarenakan Akan memungkinkan Anda untuk mencapai kesuksesan jangka panjang secara berkelanjutan. Ketika transaksi  penjualan terjadi antara penjual dan pembeli, Anda Akan menerima semua informasi pelanggan dan Anda secara resmi telah sukses mengakuisisi pelanggan menjadi pembeli aktif.

 

Promosi Murah

Dengan promosi untuk toko online Anda, Anda dapat menggunakannya untuk meningkatkan penjualan, membangun basis pelanggan Anda hingga meningkatkan merk produk Anda secara luas. Promosi adalah cara yang sangat tepat dan telah terbukti ampuh untuk meningkatkan konversi penjualan dan membangun loyalitas merek bisnis Anda. Dan untuk mempromosikan toko on-line Anda tersebut, Anda dapat dengan mudah melakukannya dengan anggaran biaya yang sangat murah dibandingkan dengan mempromosikan produk Anda melalui media cetak ataupun media televisi. Untuk mempromosikan toko on-line Anda dengan biaya murah, saat ini Anda dapat menggunakan layanan seperti Facebook Ads, Twitter Ads ataupun strategi promosi sudah banyak digunakan oleh para pebisnis on-line yaitu Google Ads.

 

Toko online memiliki kelebihan yang terbilang sangat signifikan dibandingkan dengan Marketplace. Dengan memiliki toko online sendiri, Anda  pastinya dapat lebih fokus terhadap penjualan produk Anda sendiri dan yang paling penting memiliki potensi yang sangat besar terhadap penjualan produk Anda. Untuk Anda yang ingin memiliki toko online sendiri, tidak perlu pusing tentang cara membuat website toko online. Karena saat ini Anda dapat menggunakan jasa pembuatan toko online dengan tampilan yang Anda inginkan, dan pastinya dengan harga yang terbilang relatif cukup murah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement