Connect with us

Brand

Realme 5 Pro vs Vivo V17 Pro, Mana yang Lebih Layak untuk Dibeli ?

Published

on

Trenteknologi.com – Di bulan September ini dua ponsel dengan nama akhiran Pro yang mengunggulkan fitur Quad Camera di ponsel kelas menengah akan menjadi rival di tahun 2019 ini. Realme lebih dulu menghadirkan Realme 5 Pro ke pasar Indonesia beberapa hari lalu dengan membawa sejumlah keunggulan pada sektor kameranya. Salah satu keunggulannya sebut saja fitur 48MP Quad Camera. Dan yang paling menarik, ponsel itu dijual dengan harga yang cukup terjangkau, hanya dibawah 4 juta rupiah saja.

Namun Vivo juga tidak mau kalah, karena mereka sebentar lagi juga akan merilis ponsel lanjutan dari seri V, yang bernama V17 Pro. Ponsel Vivo dengan 6 kamera ini juga akan mengandalkan 48MP Quad Camera ditambah dengan kamera selfie dual pop-up, namun untuk harga jualnya masih belum diketahui karena peluncuran Vivo V17 Pro baru akan diluncurkan pada 23 September 2019 mendatang.

Kedua ponsel tersebut merupakan ponsel untuk pasar kelas menengah, dan ponsel kelas menengah kini sedang dipenuhi dengan berbagai pemain. Di kelas ini umumnya terisi dengan ponsel yang memiliki fitur-fitur unggulan seperti yang teradapat pada ponsel flagship. Dan jika kita lihat dari segi spesifikasi, Realme 5 Pro dan Vivo V17 hadir dengan spesifikasi yang terbilang sepadan. Lalu manakah yang lebih layak untuk dibeli ? mari coba kita bandingkan keunggulan pada kedua ponsel tersebut.

Desain : Konsep Desain Terkini, Tapi Tidak Identik
Pada kedua ponsel tersebut dari segi desainnya, Realme 5 Pro dan Vivo V17 Pro memiliki konsep desain yang terkini tapi tidak identik. realme 5 Pro masih menggunakan desain khas seperti yang digunakan realme 3 Pro. Sedangkan Vivo V17 Pro mirip dengan desain realme X.

Menggunakan material polikarbonat, baik V17 Pro maupun realme 5 Pro memiliki kilau pada bodinya berkat permainan warna gradasi mengkilap. Aksen seperti ini memberi kesan kemewahan dan juga elegan, hanya saja di realme 5 Pro ada ciri khas khusus. Tidak sekadar permainan gradasi dua warna atas dan bawah, pada Realme 5 Pro juga terdapat motif layaknya kristal terutama di bagian belakang bawah.

BACA JUGA :  Realme XT Tawarkan Performa dan Pengisian Daya Cepat untuk Pengguna yang Aktif

Sedangkan V17 Pro hadir lebih sederhana dengan gradasi dua warna atas dan bawah tanpa motif khusus.
Meski demikian namun keduanya nyaman untuk digenggam, karena bagian sisi belakangnya sama-sama dibuat melengkung sehingga sangat pas di telapak tangan. Perbedaan juga terlihat pada letak Quad Camera, realme 5 Pro memasangkan jejeran kamera di kiri atas dan Vivo V17 Pro di satu sisi memasangnya di bagian tengah. Jujur bagi kami lebih senang peletakan kamera di bagian samping, karena saat digenggam kamera ini tidak mudah terpegang jari. Jika berada di tengah, maka saat digenggam kamera mudah tersentuh tangan sehingga lensa menjadi cepat kotor.

Tapi kelebihannya Vivo V17 Pro memiliki kamera pop up layaknya Realme X, sedangkan realme 5 Pro menggunakan poni dewdrop. Untuk urusan ini tergantung preferensi Anda, mana yang Anda suka. Jika Anda suka desain yang ringkas maka akan lebih baik menggunakan desain poni di realme. Apalagi realme 5 Pro memiliki daya tahan dengan desain yang tahan akan cipratan air, V17 Pro belum.

Layar : Perbedaan Teknologi Layar yang Digunakan
Panel IPS LCD dipilih untuk menjadi jenis layar realme 5 Pro. Sedangkan V17 Pro menggunakan panel Super AMOLED.

Ukuran juga berbeda, Vivo V17 Pro menggunakan layar berukuran 6,44 inci sedangkan realme 5 Pro 6,3 inci. Masing-masing berikan keunggulan masing-masing dan preferensi yang berbeda juga di tiap pengguna.

Kamera : 
Bagian kamera menjadi sektor yang paling menarik, karena dua ponsel itu memiliki keunggulan di bagian ini. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Vivo V17 Pro hadir dengan mengunggulkan kamera depan dual pop-up 32MP. Dan untuk kamera belakangnya terpasang empat kamera yang masing-masing beresolusi 48MP sebagai kamera utama, 8MP sebagai kamera lensa lebar, 13MP sebagai  kamera portrait, dan 2MP untuk kamera kedalaman (depth).

Kamera Vivo V17 Pro

Sedangkan untuk realme 5 Pro, ponsel ini memiliki kamera depan yang lebih sederhana yakni 16MP. Untuk kamera belakangnya, realme 5 Pro menggunakan Quad Camera dengan susunan kamera utama 48MP, 8MP kamera lensa lebar, 2MP lensa makro, dan 2MP lensa depth.

Kamera Realme 5 Pro

Kamera utamanya memiliki keunggulan saat berhadapan dengan kondisi minim cahaya. Melalui sebuah mode bernama Nightscape, kamera akan diatur sedemikian rupa saat membidik objek di kegelapan dengan mengandalkan teknologi kecerdasan buatan atau AI. Sehingga hasil yang akan didapatkan adalah foto malam hari yang terang, jernih dengan kontras yang seimbang. Dan yang membuat unggul dari Quad Camera di Realme 5 Pro adalah keberadaan kamera lensa makro yang dapat digunakan untuk memotret detail-detail kecil pada objek yang diinginkan.

BACA JUGA :  Vivo V11 Pro Hadir dengan Screen Touch ID Pertama di Indonesia, Apa Keunggulannya ?

Baterai : Penggunaan Daya Baterai yang Irit dengan Teknologi Pengisian Daya Cepat
Vivo V17 Pro dibekali baterai berkapasitas 4100mAh, begitupun realme 5 Pro dengan kapasitas 4035mAh. Karena masing-masing menggunakan antarmuka olahan, maka untuk bagian ini keduanya berhasil menekan penyedotan daya berlebih. Hal ini berujung pada kehematan baterai keduanya sehingga mampu bertahan seharian.

VOOC Flash Charge 3.0

Sebagai nilai tambah keduanya juga mengusung teknologi pengisian daya cepat. Tapi realme 5 Pro hadir secara lebih spesial. Teknologi pengisian daya cepat populer yang bernama VOOC Flash Charge 3.0 dibawa di ponsel tersebut. Dengan kekuatan cas 20W menggunakan aksesori bawaan, baterai dapat terisi dari kosong hingga penuh di bawah 90 menit saja.

Kesimpulan : Rival yang Sepadan
Vivo V17 Pro dan realme 5 Pro hadir sebagai rival yang cukup sepadan. Keduanya membawa sejumlah fitur-fitur terkini, juga tampilan yang mengikuti zaman. Ada sejumlah perbedaan misal kamera V17 Pro yang dual di bagian depan. Sedangkan realme 5 Pro lebih unggul di penggunaan chipset. Juga kamera dengan lensa makro yang jarang ditemui untuk ponsel di kelasnya.

Maka yang akan menjadi pembedanya adalah dari segi harga. Vivo V17 Pro memang masih belum diketahui harganya hanya saja Vivo bukan vendor yang suka menjual produk dengan harga terjangkau. Beda dengan realme 5 Pro yang dijual dengan harga di bawah empat juta. Jadi jika dilihat dari kaca mata harga, jelas realme 5 Pro akan menjadi kandidat yang lebih layak untuk dimiliki untuk Anda yang memiliki dana 3 jutaan.

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Berita

Xiaomi Pamer Fitur Peringatan Gempa di MIUI 11 hingga Rahasia Mi MIX Alpha di MIDC 2019

Published

on

Trenteknologi.com – Dalam konferensi tahunan Mi Developer Conference (MIDC), Xiaomi secara resmi mengumumkan bahwa fungsi peringatan bahaya gempa bumi telah diintegrasikan ke dalam antarmuka MIUI 11.

“Dengan bantuan strategi dual core Smartphone + AIoT, Xiaomi akan melanjutkan upaya membuat 5G + AIoT menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari setiap orang,” kata Lei Jun, Pendiri, Presiden dan CEO Xiaomi.

“Di luar rencana pemasaran 10 perangkat 5G pada 2020, kami akan memanfaatkan betul posisi kepemimpinan kami di bidang AIoT untuk menghadirkan definisi Smart Home kepada semua orang,” kata Lei menambahkan.

Layanan peringatan gempa di MIUI 11

Xiaomi menjadi perusahaan pertama yang berhasil mengintegrasikan layanan peringatan dini gempa ke dalam sistem operasi. Dengan pengintegrasian ini, peringatan terjadinya gempa akan dikirimkan ke smartphone yang beroperasi dengan MIUI 11 dan Mi TV hanya hitungan detik sebelum gelombang gempa tiba. Fitur ini diluncurkan pada 20 September lalu dan masih pada tahap uji coba ketika MIUI 11 dirilis.  

Bekerja sama dengan Institute of Care-life, sebuah organisasi yang berpangkalan di Chengdu dan berfokus pada peringatan bencana alam, Xiaomi telah mengaktifkan layanan ini untuk pertama kali di Provinsi Sichuan, yang merupakan kawasan dengan intensitas gempa yang tinggi dan nantinya akan menyebarluaskan program ini ke tingkat nasional dan lebih jauh lagi.

Didirikan setelah gempa bumi dahsyat di Sichuan pada 2008, Institute of Care-life sangat terkemuka dalam hal peringatan gempa. Berbeda dengan peringatan bahaya gempa yang dikirimkan via aplikasi smartphone, seperti yang tersedia di beberapa negara, fungsi ini diintegrasikan ke dalam sistem operasi untuk memastikan waktu pengiriman tanda bahaya tidak akan terlalu terdampak oleh faktor-faktor seperti koneksi Internet, kata Wang Tun, Kepala Institut itu.

BACA JUGA :  Asus Luncurkan Laptop Paling Ringkas dan Tipis di Dunia, Zenbook UX392 & UX362

Fan Dian, General Manager di departemen platform IoT Xiaomi, menyerukan smartphone dan provider IoT lain juga bisa mengadopsi fungsi tersebut. Dia mengatakan Xiaomi akan terbuka untuk berbagi praktik dan pengalaman pengaplikasian fungsi tersebut.

Peluncuran Xiao Ai 3.0

Xiaomi hari ini juga mengumumkan pembaruan voice assistant Xiao Ai ke versi 3.0, yang menyediakan pilihan suara pria dan kemampuan menghadirkan dialog yang lebih alami melalui smartphone.

Di balik peningkatan fungsional itu adalah komitmen Xiaomi untuk terus berinvestasi pada riset dan pengembangan di bidang AI. “Model AutoML dari Xiaomi saat ini memimpin industri dengan kinerja dataset; dan MiNLP, yaitu platform Xiaomi yang khusus memproses bahasa secara alami, telah diaktivasi sebanyak lebih dari 6 miliar kali setiap hari, membuat Xiao Ai menjadi salah satu platform AI tersibuk di dunia,” kata Cui Baoqiu, VP dan Komisaris Utama Technical Committee Xiaomi.

Pada akhir kuartal kedua, jumlah pengguna aktif bulanan Xiao Ai mencapai 49,9 juta, membuatnya menjadi salah satu platform suara interaktif AI paling banyak digunakan di daratan China.

Inisiatif Open-source

Sebagai pemimpin industri, Xiaomi sangat serius dalam pengembangan pendekatan open-source. MACE, framework deep-learning berbasis open-source yang dikembangkan oleh Xiaomi, telah hadir dalam versi terbarunya di konferensi ini.

MACE-Kit secara resmi akan segera membuka source-nya, dalam upaya untuk menghadirkan benefit bagi para pengembang. Pendekatan ini juga telah menarik hati Daniel Povey, pendiri tool open-source untuk teknologi speech recognition, untuk bergabung dengan Xiaomi.

BACA JUGA :  Realme XT Tawarkan Performa dan Pengisian Daya Cepat untuk Pengguna yang Aktif

Inovasi di balik Mi MIX Alpha

Untuk pertama kalinya, Xiaomi telah menyingkapkan tiga teknologi penting di balik peluncuran smartphone konsep Mi MIX Alpha.

Teknologi laminasi berlapis yang inovatif dari Xiaomi telah menembus batas layar melengkung dan menampilkan apa yang disebut Surround Display yang luar biasa. Sementara itu, solusi quad antenna yang terkemuka dioptimalkan untuk form-factor layar yang unik, dan solusi perangkat lunak UI yang dikembangkan secara independen telah telah merevolusi tampilan layar dan pengalaman pengguna, ikut membantu Xiaomi mewujudkan Surround Display yang fenomenal.

Xiaomi Finance

Hong Feng, Co-founder dan CEO serta Komisaris Utama Xiaomi Finance, mengatakan Xiaomi akan mendorong maju dengan inovasi keuangan industri agar bisa melayani partner di industri manufaktur di seluruh dunia dengan lebih baik lagi.

Perusahaan ini telah berinvestasi dalam lebih dari 270 partner ekosistem, di mana di antaranya terdapat lebih dari 100 yang berfokus pada pengembangan hardware pintar dan produk gaya hidup. Model ekosistemnya yang unik telah memberikan keuntungan yang substansial bagi perusahaan dalam hal pembiayaan supply chain dan sekarang ia telah melayani lebih dari 400 partner bisnis di sepanjang supply chain itu.

Dengan model pengelolaan risiko yang canggih dan kemampuan teknologi, serta basis pengguna yang ekstensif dan partner supply chain, Xiaomi Finance memiliki pondasi bisnis yang solid dan potensi besar untuk bertumbuh.

Continue Reading

Berita

Mulai Hari Ini Realme 5 Quad Camera 4+128GB Turun Harga Menjadi Rp2,499 Juta !

Published

on

Trenteknologi.com – Biasanya ponsel kelas dua jutaan itu identik dengan ponsel-ponsel yang “berharap” ingin menjadi seperti ponsel kelas atas. Ini karena produk-produk yang ada di kelas tersebut mendapat tekanan di harga jual yang lebih besar ketimbang bisa memberikan teknologi terkini.

Tapi tidak demikian dengan realme. Vendor asal Tiongkok tersebut mendobrak anggapan seperti itu dengan kesuksesan sejumlah produk ponsel yang telah dijual di Indonesia. Seperti melalui realme 5. Bahkan smartphone tersebut kini hadir dengan harga yang lebih terjangkau. Mulai hari ini, realme 5 varian 4+128GB turun harga dari Rp2,699 juta menjadi Rp2,499 juta.

Ponsel realme 5 merupakan ponsel penerus dari seri realme 3 yang sudah meluncur awal tahun 2019. Tentu saja realme 5 membawa sejumlah pembaruan yang ditawarkan. Salah satu dari segudang fitur yang ditawarkan di ponsel itu adalah keberadaan Quad Camera. realme percaya teknologi Quad Camera berhak dimiliki siapa saja. Oleh karena itu mereka membawa empat kamera belakang ke ponsel yang dijual di rentang harga dua jutaan ini.

Quad Camera merupakan teknologi yang menghadirkan kamera dengan susunan kamera ultra-wide angle, kamera utama atau kamera normal, kamera dengan lensa portrait, dan kamera ultra-macro.

Kamera ultra-wide angle-nya memiliki luasan hingga 119 derajat. Ukuran yang sangat cukup untuk bisa menangkap keindahan dari adegan-adegan seperti pemandangan, gedung-gedung bertingkat, hingga untuk keperluan foto bersama dalam jumlah orang yang banyak.

BACA JUGA :  Realme XT Tawarkan Performa dan Pengisian Daya Cepat untuk Pengguna yang Aktif

realme percaya bahwa semakin besar bukaan lensa maka akan semakin banyak jumlah cahaya yang masuk untuk kamera. Oleh karena itu realme 5 menghadirkan kamera utama 12MP dengan ukuran aperture besar juga ukuran satuan piksel yang lebih besar. Usaha ini akan memungkinkan sensor untuk memberikan hasil foto terang meski diambil di lingkungan rendah cahaya.

Memenuhi permintaan hasil foto dalam mode portrait atau bokeh yang lebih baik, realme 5 meningkatkan kinerja kamera dengan fitur lensa yang mendeteksi warna hitam dan putih. Hasilnya akan membantu untuk memberikan kemampuan eksposur yang lebih tinggi untuk foto dan meningkatkan kontras antara terang dan gelap gambar.

Menjadi tambahan manis adalah keberadaan kamera ultra-macro di realme 5. Di rentang harga dua jutaan pengguna sudah bisa menangkap detail-detail kecil di sekitar melalui kamera makro yang memang terdedikasi untuk itu.

Tidak hanya mengunggulkan Quad Camera saja, realme 5 juga memiliki keunggulan lain, yaitu di bidang baterai. Baterainya memiliki kapasitas jumbo dengan angka 5.000mAh, jauh lebih besar dari kompetitor lain, seperti Redmi Note 8. Maka tidak heran jika ponsel ini juga memiliki sebutan Quad Camera PowerHero. Dengan kapasitas yang besar itu, tidak usah khawatir lagi jika ingin beraktivitas di luar ruangan yang jauh dari stop kontak. Meski sudah menyediakan kapasitas memori 4GB + 128GB, realme 5 masih mendukung ekspansi memori hingga 256GB. Dengan pilihan memori tersebut mungkinkan para penggunanya untuk lebih fleksibel dalam memilih konfigurasi yang sesuai dengan kebutuhan.

BACA JUGA :  Menjajal Redmi Note 8 Yang Akan Meluncur ke Indonesia, Bagaimana Hasil Kameranya ?

Kamera, kapasitas memori besar, dan baterai menjadi dua faktor magnet bagi pasar ponsel kelas pemula Tanah Air. Itulah mengapa realme berani merilis realme 5 dengan kebolehan yang memenuhi poin-poin tersebut. Dengan harga jual yang lebih terjangkau realme 5 siap menjadi calon ponsel terbaik di kelasnya.

Continue Reading

Berita

Diluncurkan 25 November, Vivo S1 Pro Sudah Dapat Dipesan Mulai Sekarang

Published

on

Trenteknologi.com – Jelang peluncuran resmi vivo S1 Pro di Indonesia pada 25 November 2019 mendatang, vivo membuka periode Blind Pre-Order vivo S1 Pro secara eksklusif melalui vivo Mobile Official Store di e-commerce Shopee serta Offline Pre-Order di vivo official store dan retail partner resmi vivo mulai dari tanggal 18-24 November 2019.

“Sebagai respon atas antusiasme para konsumen, kami mengonfirmasi seri terbaru vivo yakni vivo S1 Pro akan resmi diluncurkan di Indonesia pada 25 November 2019 di Jakarta. Smartphone ini sudah bisa dipesan mulai hari ini dengan berbagai penawaran menarik dan benefit yang kami tawarkan,” pungkas Edy Kusuma, Senior Brand Director vivo Indonesia.

Mengusung tagline “Clearly Your Style”, vivo S1 Pro akan hadir dengan desain yang lebih stylish melalui kamera berbentuk diamond shape pertama di Indonesia, serta 2 pilihan warna yakni Glowing Black dan Crystal Blue. Tidak hanya segi desain, vivo S1 Pro juga akan diperlengkapi dengan serangkaian fitur terkini seperti 48MP AI Quad Camera, memori 8GB RAM dan 128GB ROM, 32MP Front Camera, layar Super AMOLED, serta kapasitas baterai besar 4500mAh yang didukung dengan Dual-Engine Fast Charging.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Selama masa Blind Pre-Order ini, konsumen dapat memesan vivo S1 Pro di e-commerce Shopee dengan cara membeli voucher khusus seharga Rp. 100.000,- yang selanjutnya dapat ditukarkan dengan benefit senilai Rp. 400.000,- dalam bentuk Shopee Coin, serta hadiah tambahan seperti speaker JBL, gratis berlangganan Joox selama satu bulan, juga voucher Gojek senilai Rp. 115.000,- berlaku untuk GoPay, GoGames dan GoPlay.

BACA JUGA :  Ini 7 Alasan Mengapa Harus Membeli HUAWEI WATCH GT Active & Elegant

Pada saat yang bersamaan vivo juga mengadakan Offline Pre-Order untuk konsumen, dengan benefit giftbox senilai Rp. 500.000,- dan juga voucher Gojek senilai Rp. 115.000,- berlaku untuk GoPay, GoGames dan GoPlay.

Berkolaborasi dengan Telkomsel sebagai official telco partner bundling vivo S1 Pro. Konsumen juga akan mendapatkan kartu Perdana prabayar Telkomsel gratis dan dapat menikmati benefit paket internet TAU Lite 7 kuota 7GB seharga Rp. 10; Free premium subscription HOOQ, Viu, Vidio Gold, MaxStream, JOOX dan LangitMusik untuk 30 hari seharga Rp. 10.000,-, untuk pemesanan via online dan offline.

“Kami berharap kehadiran vivo S1 pro ini akan dapat mendukung dan menjawab kebutuhan gaya hidup generasi milenial dan generasi Z yang stylish, dinamis dan selalu ingin update dengan tren terkini,” tutup Edy.

Continue Reading
Advertisement

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement

Top 5