Connect with us

Brand

Realme 5 Pro vs Vivo V17 Pro, Mana yang Lebih Layak untuk Dibeli ?

Published

on

Trenteknologi.com – Di bulan September ini dua ponsel dengan nama akhiran Pro yang mengunggulkan fitur Quad Camera di ponsel kelas menengah akan menjadi rival di tahun 2019 ini. Realme lebih dulu menghadirkan Realme 5 Pro ke pasar Indonesia beberapa hari lalu dengan membawa sejumlah keunggulan pada sektor kameranya. Salah satu keunggulannya sebut saja fitur 48MP Quad Camera. Dan yang paling menarik, ponsel itu dijual dengan harga yang cukup terjangkau, hanya dibawah 4 juta rupiah saja.

Namun Vivo juga tidak mau kalah, karena mereka sebentar lagi juga akan merilis ponsel lanjutan dari seri V, yang bernama V17 Pro. Ponsel Vivo dengan 6 kamera ini juga akan mengandalkan 48MP Quad Camera ditambah dengan kamera selfie dual pop-up, namun untuk harga jualnya masih belum diketahui karena peluncuran Vivo V17 Pro baru akan diluncurkan pada 23 September 2019 mendatang.

Kedua ponsel tersebut merupakan ponsel untuk pasar kelas menengah, dan ponsel kelas menengah kini sedang dipenuhi dengan berbagai pemain. Di kelas ini umumnya terisi dengan ponsel yang memiliki fitur-fitur unggulan seperti yang teradapat pada ponsel flagship. Dan jika kita lihat dari segi spesifikasi, Realme 5 Pro dan Vivo V17 hadir dengan spesifikasi yang terbilang sepadan. Lalu manakah yang lebih layak untuk dibeli ? mari coba kita bandingkan keunggulan pada kedua ponsel tersebut.

Desain : Konsep Desain Terkini, Tapi Tidak Identik
Pada kedua ponsel tersebut dari segi desainnya, Realme 5 Pro dan Vivo V17 Pro memiliki konsep desain yang terkini tapi tidak identik. realme 5 Pro masih menggunakan desain khas seperti yang digunakan realme 3 Pro. Sedangkan Vivo V17 Pro mirip dengan desain realme X.

BACA JUGA :  Review Earphone: Plantronics BackBeat Fit 305

Menggunakan material polikarbonat, baik V17 Pro maupun realme 5 Pro memiliki kilau pada bodinya berkat permainan warna gradasi mengkilap. Aksen seperti ini memberi kesan kemewahan dan juga elegan, hanya saja di realme 5 Pro ada ciri khas khusus. Tidak sekadar permainan gradasi dua warna atas dan bawah, pada Realme 5 Pro juga terdapat motif layaknya kristal terutama di bagian belakang bawah.

Sedangkan V17 Pro hadir lebih sederhana dengan gradasi dua warna atas dan bawah tanpa motif khusus.
Meski demikian namun keduanya nyaman untuk digenggam, karena bagian sisi belakangnya sama-sama dibuat melengkung sehingga sangat pas di telapak tangan. Perbedaan juga terlihat pada letak Quad Camera, realme 5 Pro memasangkan jejeran kamera di kiri atas dan Vivo V17 Pro di satu sisi memasangnya di bagian tengah. Jujur bagi kami lebih senang peletakan kamera di bagian samping, karena saat digenggam kamera ini tidak mudah terpegang jari. Jika berada di tengah, maka saat digenggam kamera mudah tersentuh tangan sehingga lensa menjadi cepat kotor.

Tapi kelebihannya Vivo V17 Pro memiliki kamera pop up layaknya Realme X, sedangkan realme 5 Pro menggunakan poni dewdrop. Untuk urusan ini tergantung preferensi Anda, mana yang Anda suka. Jika Anda suka desain yang ringkas maka akan lebih baik menggunakan desain poni di realme. Apalagi realme 5 Pro memiliki daya tahan dengan desain yang tahan akan cipratan air, V17 Pro belum.

BACA JUGA :  Realme 5 & Realme 5 Pro Sudah Mulai dijual Secara Online & Offline, Menangkan juga Hadiahnya !

Layar : Perbedaan Teknologi Layar yang Digunakan
Panel IPS LCD dipilih untuk menjadi jenis layar realme 5 Pro. Sedangkan V17 Pro menggunakan panel Super AMOLED.

Ukuran juga berbeda, Vivo V17 Pro menggunakan layar berukuran 6,44 inci sedangkan realme 5 Pro 6,3 inci. Masing-masing berikan keunggulan masing-masing dan preferensi yang berbeda juga di tiap pengguna.

Kamera : 
Bagian kamera menjadi sektor yang paling menarik, karena dua ponsel itu memiliki keunggulan di bagian ini. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Vivo V17 Pro hadir dengan mengunggulkan kamera depan dual pop-up 32MP. Dan untuk kamera belakangnya terpasang empat kamera yang masing-masing beresolusi 48MP sebagai kamera utama, 8MP sebagai kamera lensa lebar, 13MP sebagai  kamera portrait, dan 2MP untuk kamera kedalaman (depth).

Kamera Vivo V17 Pro

Sedangkan untuk realme 5 Pro, ponsel ini memiliki kamera depan yang lebih sederhana yakni 16MP. Untuk kamera belakangnya, realme 5 Pro menggunakan Quad Camera dengan susunan kamera utama 48MP, 8MP kamera lensa lebar, 2MP lensa makro, dan 2MP lensa depth.

Kamera Realme 5 Pro

Kamera utamanya memiliki keunggulan saat berhadapan dengan kondisi minim cahaya. Melalui sebuah mode bernama Nightscape, kamera akan diatur sedemikian rupa saat membidik objek di kegelapan dengan mengandalkan teknologi kecerdasan buatan atau AI. Sehingga hasil yang akan didapatkan adalah foto malam hari yang terang, jernih dengan kontras yang seimbang. Dan yang membuat unggul dari Quad Camera di Realme 5 Pro adalah keberadaan kamera lensa makro yang dapat digunakan untuk memotret detail-detail kecil pada objek yang diinginkan.

BACA JUGA :  Vivo Gelar Blind Pre-Order untuk Vivo S1 Series

Baterai : Penggunaan Daya Baterai yang Irit dengan Teknologi Pengisian Daya Cepat
Vivo V17 Pro dibekali baterai berkapasitas 4100mAh, begitupun realme 5 Pro dengan kapasitas 4035mAh. Karena masing-masing menggunakan antarmuka olahan, maka untuk bagian ini keduanya berhasil menekan penyedotan daya berlebih. Hal ini berujung pada kehematan baterai keduanya sehingga mampu bertahan seharian.

VOOC Flash Charge 3.0

Sebagai nilai tambah keduanya juga mengusung teknologi pengisian daya cepat. Tapi realme 5 Pro hadir secara lebih spesial. Teknologi pengisian daya cepat populer yang bernama VOOC Flash Charge 3.0 dibawa di ponsel tersebut. Dengan kekuatan cas 20W menggunakan aksesori bawaan, baterai dapat terisi dari kosong hingga penuh di bawah 90 menit saja.

Kesimpulan : Rival yang Sepadan
Vivo V17 Pro dan realme 5 Pro hadir sebagai rival yang cukup sepadan. Keduanya membawa sejumlah fitur-fitur terkini, juga tampilan yang mengikuti zaman. Ada sejumlah perbedaan misal kamera V17 Pro yang dual di bagian depan. Sedangkan realme 5 Pro lebih unggul di penggunaan chipset. Juga kamera dengan lensa makro yang jarang ditemui untuk ponsel di kelasnya.

Maka yang akan menjadi pembedanya adalah dari segi harga. Vivo V17 Pro memang masih belum diketahui harganya hanya saja Vivo bukan vendor yang suka menjual produk dengan harga terjangkau. Beda dengan realme 5 Pro yang dijual dengan harga di bawah empat juta. Jadi jika dilihat dari kaca mata harga, jelas realme 5 Pro akan menjadi kandidat yang lebih layak untuk dimiliki untuk Anda yang memiliki dana 3 jutaan.

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Berita

Realme XT Pimpin Tren Kamera Smartphone “Quad Camera” Beresolusi 64MP

Published

on

Trenteknologi.com – Inilah waktu bagi realme membuka era baru kamera smartphone Tanah Air. Setelah sempat memberikan bocorannya, kini saatnya realme menguak produk terbaru mereka. realme XT menjadi salah satu pelopor dalam menghadirkan kemampuan menangkap sebuah foto melalui resolusi yang super besar. Dengan besaran kamera utamanya 64MP, tangkap semua detail secara luar biasa hanya dengan satu jepretan.

Setelah berhasil melakukan penelitian mendalam untuk mengimplementasikan kamera resolusi tinggi ke smartphone, realme berfokus ke pengguna anak muda dengan menantang dirinya sendiri. Mereka ingin untuk selalu bisa menghadirkan teknologi paling mutakhir ke penggunanya. Inilah yang menjadi cikal bakal kelahiran realme XT ke Indonesia. realme XT akan menjadi 64MP Quad Camera Xpert dengan menghadirkan sensor kamera tertinggi di dunia yang belum pernah ada sebelumnya.

realme XT mampu hasilkan foto beresolusi 9216×6912 piksel yang sangat detail dalam mode bernama Ultra 64MP. Ukuran foto akan 4 kali lebih besar dari pemotretan reguler 16MP. Ini memberikan keuntungan dengan detail yang sangat tajam saat diperbesar. Sebagai gambaran, saat ini resolusi kamera terbesar yang ada di pasaran adalah 48MP. realme pun menjadi salah satu pelopor lahirnya era 48MP, dan telah siap untuk melompat lebih jauh melalui resolusi 64MP.

Ponsel realme XT juga masih masuk ke dalam kategori Quad Camera, yang berarti tidak hanya mengandalkan satu kamera saja di bagian belakang, tapi bersama-sama dengan tiga kamera lain. Dimulai dari realme 5 dan realme 5 Pro, Quad Camera menjadi identitas baru realme dalam meluncurkan produk-produk andalan. Ini disebabkan oleh buah pemikiran akan hasil foto yang harus bisa memberikan kualitas terbaik di berbagai skenario.

BACA JUGA :  Vivo Gelar Blind Pre-Order untuk Vivo S1 Series

Hal tersebut mungkin diwujudkan melalui kamera-kamera terdedikasi. Seperti kamera dengan lensa ultra-wide untuk tangkapan lebar, lensa ultra-macro untuk tangkapan objek kecil, dan lensa telefoto untuk hasilkan foto dengan efek bokeh terbaik. Di bagian depan, terdapat kamera selfie beresolusi 16MP yang ditempatkan di minidrop notch.

Sebagai gambaran, kamera 64MP realme XT memiliki ukuran sensor yang lebih besar dari realme 5 Pro. Bersama dengan teknologi ISOCELL Plus, sensor 64MP dari Samsung menggunakan teknologi piksel Tetracell 4-in-1 untuk menggabungkan empat piksel yang berdekatan menjadi satu piksel besar berukuran 1.6μm. Teknologi Tetracell dan 3D HDR akan memungkinkan para pengguna mengambil foto-foto sejernih kristal kapan pun. Kamera realme XT bisa memberikan tampilan yang cantik dan menakjubkan di segala kondisi pemotretan.

Tentu realme XT tidak hanya akan hadir dengan keunggulan di sektor kamera. Smartphone ini turut dilengkapi dengan spesifikasi mumpuni lain di berbagai bidang. Sebut saja dalam urusan prosesor, teknologi pengisian baterai, dan layar yang membawanya setingkat dengan perangkat-perangkat flagship.

Maka bersiaplah untuk menyambut dan mencoba 64MP Quad Camera Xpert dari realme XT. Smartphone yang berikan pengalaman mobile photography benar-benar berbeda di rentang harga Rp 3 Jutaan.

Continue Reading

Berita

Realme XT dengan Kamera 64MP Bakal Dijual di Indonesia, dengan Harga 3 Jutaan

Published

on

Trenteknologi.com – Untuk mempertahankan posisinya sebagai Top 5 Smartphone Brand di Indonesia, Realme akan kembali membawa produk terbarunya ke Indonesia yaitu realme XT. Ponsel terbarunya ini akan diluncurkan pada 23 Oktober 2019 mendatang, realme XT akan menjadi 64MP Quad Camera Xpert dengan menghadirkan sensor kamera tertinggi di smartphone saat ini yang belum pernah ada sebelumnya kepada anak muda di Indonesia.

Setelah beberapa waktu lalu memboyong Realme 5 dan Realme 5 Pro ke Indonesia, Realme XT sendiri juga merupakan salah satu seri produk “Leap To Quad Camera” dari realme yang tentunya lebih canggih dari rangkaian produk realme sebelumnya. realme XT akan melanjutkan kesuksesan seri X dari realme, yang dikenal sebagai seri yang memiliki banyak inovasi terbaru. realme XT akan membawa pengguna ke era baru mobile photography yang super detil dan super jernih dengan resolusi tinggi dan konfigurasi kamera quad yang dibawa olehnya.

“Sebagai merek smartphone baru yang “Dare to Leap”, realme berkomitmen untuk terus mengeksplorasi kemungkinan dalam menciptakan era baru mobile photography. Setelah realme 5 Series, seri kamera quad pertama kami diluncurkan di Tanah Air mendapat sambutan baik oleh pelanggan kami, oleh karena itu kami akan segera meluncurkan 64MP Quad Camera Xpert. Hari ini, dengan senang hati saya mengumumkan bahwa realme XT, yang merupakan smartphone expert terlengkap di segmen harga Rp 3 Jutaan akan diluncurkan di Indonesia pada tanggal 23 Oktober. Dengan realme XT, kami percaya kami dapat memberikan pengalaman fotografi yang baru dari kamera smartphone dalam mengambil gambar dan memberikan pengalaman seperti fotografer profesional hanya dengan sebuah smartphone,” kata Josef Wang – Marketing Director realme SEA.

BACA JUGA :  Pengumuman Aliansi Strategis Vivo dan Erafone dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen Indonesia

Realme XT akan hadir dengan layar 6,4 inci FHD+ Super AMOLED Dewdrop yang menawarkan In-Display Fingerprint serta rasio layar 91,9%. Smartphone ini juga ditenagai oleh Snapdragon 712 yang dipasangkan dengan pilihan RAM hingga 8GB dan penyimpanan internal 128GB. realme XT didukung oleh baterai besar 4.000 mAh dengan dukungan VOOC Flash Charge 3.0. realme XT akan hadir dalam dua varian, 4GB+128GB dan 8GB+128GB.

Di bagian belakang, realme XT menggunakan konfigurasi quad-camera yang membawa sensor 64MP Samsung ISOCELL Bright GW1 dengan aperture f/1.8 dan EIS. realme XT juga memiliki mode Ultra 64MP dalam pengaturan kamera yang akan memungkinkan pengguna mengambil foto dengan resolusi penuh. Pengaturan quad-camera juga mencakup kamera ultra-wide 8MP, kamera ultra-macro 2MP dan kamera depth-sensor 2MP. Di bagian depan, terdapat kamera selfie beresolusi 16MP yang ditempatkan di minidrop notch.

Berbicara tentang desain dan finishing, realme XT akan memberikan pengguna sensasi premium dan material yang disempurnakan. realme XT adalah smartphone pertama dari realme yang membawa kaca Gorilla Glass 5 di bagian depan dan belakang, yang bertujuan untuk memberikan tampilan dan nuansa premium. realme XT menghadirkan desain 3D glass hyperbola curve back yang tidak hanya memberikan pengalaman menggenggam yang lebih baik, tetapi juga memberikan efek visual yang sangat menarik. realme XT akan memiliki dua varian warna: Pearl Blue & Pearl White.

BACA JUGA :  Biar Kekinian, Yuk Kepoin Informasi Terkini di Situs Ini!

Persiapkan diri Anda untuk menyambut dan mencoba 64MP Quad Camera Xpert dari realme XT yang melampaui batas, memberikan pengalaman mobile photography yang benar-benar berbeda di rentang harga Rp 3 Jutaan. Bagi yang ingin lebih tahu tentang realme XT, anak-anak muda di Indonesia dapat mengunjungi web resmi realme Indonesia melalui realme.com/id.

Continue Reading

Review

Menjajal Redmi Note 8 Yang Akan Meluncur ke Indonesia, Bagaimana Hasil Kameranya ?

Published

on

Trenteknologi.com – Xiaomi resmi mengkonfirmasi akan memboyong smartphone terbarunya Redmi Note 8 ke Indonesia. Tidak hanya Redmi Note 8, Xiaomi juga mengkonfirmasi juga akan membawa Redmi Note 8 Pro untuk para Mi Fans di Indonesia pada tanggal 17 Oktober 2019 mendatang.

Dan sebelum diluncurkan minggu depan, Trenteknologi.com mendapatkan kesempatan untuk mencoba secara langsung Redmi Note 8, terutama mencoba bagaimana hasil kameranya yang mengunggulkan sensor kamera beresolusi 48MP. Menurut versi globalnya, seri Redmi terbaru ini telah dibekali dengan empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama beresolusi 48MP, kamera 8MP dengan lensa Ultra-Wide, 2MP Depth Sensor dan juga 2MP lensa Macro. Lalu seperti apakah kualitas foto yang dihasilkan oleh Redmi Note 8 ini ?

Hasil Kamera Redmi Note 8

Dari segi desain, ponsel ini memiliki desain yang tidak jauh berbeda dengan pendahulunya yaitu Redmi Note 7, dengan masih mempertahankan desain layar Dot Drop untuk kamera depan beresolusi 13MP dan juga bodi belakang berjejer 4 kamera dan juga Fingerprint beraksen kaca dengan dua pilihan warna yaitu Space Black dan Neptune Blue. Lalu pada bagian bawah bodinya, terdapat port jack 3.5mm, USB Type-C dan juga lubang speaker sekaligus Mic. Dan pada bagian atas bodinya, terdapat juga lubang Mic dan Infra Red.

BACA JUGA :  Biar Kekinian, Yuk Kepoin Informasi Terkini di Situs Ini!

Desain Redmi Note 8

 

Untuk spesifikasi Redmi Note 8 jika menurut versi globalnya, ponsel ini akan dibekali dengan prosesor Snapdragon 665 Octa-Core yang disertai chipset grafis Adreno 610. Untuk mendukung kinerja dari prosesor tersebut, Redmi Note 8 akan menggunakan RAM sebesar 4GB dengan penyimpanan internal berkapasitas 64GB. Selain itu ponsel ini juga akan dibekali dengan kapasitas baterai berkapasitas besar yaitu 4000 mAh dengan dukungan USB Type-C 18W Fast Charger.

Lalu untuk Redmi Note 8 Pro, Xiaomi sendiri belum ingin buka suara mengenai seri “Pro” ini apakah akan turut dibawa ke Indonesia, karena mereka akan memberikan kejutan untuk para Mi Fans. Namun dari terkuaknya sertifikasi TKDN Kementrian Perindustrian (Kemeperin), yang mencantumkan nomor kode M1906G7G. Kode tersebut disimpulkan merupakan nomor kode untuk Redmi Note 8 Pro, yang menurut versi globalnya, Redmi Note 8 Pro akan menjadi smartphone pertama yang menggunakan sensor kamera 64MP di Indonesia.

Continue Reading
Advertisement

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement

Top 5