Connect with us

Review

Review Acer Swift 3 Air 2 (SF313-52), Super Ringan dengan Beragam Fitur

Published

on

Trenteknologi.com – Acer Swift 3 Air 2 SF313-52 adalah laptop Acer terbaru yang menyuguhkan keunikan karena dibekali rasio layar 3:2, padahal, notebook atau laptop modern saat ini, sebagian besar dibekali layar 16:9 atau bahkan 16:10. Hal ini tentu membuat kita jadi bertanya-tanya, untuk siapa laptop ini diperuntukkan dan apa sih keunggulan laptop dengan layar 3:2 seperti yang ditawarkan oleh Acer ini?

Bagi anda yang kerap menggunakan laptop untuk mengetik dokumen, membaca ebook, baca berita online atau browsing, hingga aktif di sosial media, menggunakan laptop dengan ruang vertical (portrait) yang lega pasti akan sangat menyenangkan. Pasalnya, akan semakin banyak konten yang bisa dimuat dalam satu layar.

Beraktifitas dengan menggunakan layar yang menyuguhkan tampilan portrait sebenarnya bukanlah pengalaman baru bagi kebanyakan kita. Mengingat, kita sudah cukup akrab dengan smartphone yang lebih sering digunakan dalam mode portrait dibandingkan mode landscape. Umumnya kita hanya mengaktifkan mode landscape hanya ketika menonton video atau bermain game saja.

Kembali ke Acer Swift 3, ini adalah laptop 13 inci yang ditawarkan dengan layar 3:2 tanpa fungsi sentuhan (non-touch). Laptop yang menyasar pasar kelas menengah ini ditawarkan dengan harga sekitar Rp 13.999 jutaan. Atau jika dibulatkan, akan menjadi Rp 14 juta.

Mengeluarkan uang sebanyak itu pasti membuat anda bertanya-tanya, apa sih kelebihan Acer Swift 3 Air 2 selain layarnya dengan rasio 3:2? Untuk mengobati rasa penasaran anda, silakan baca ulasan singkat berikut ini.

Desain Premium yang Super Ringan dan Stylist

Untuk membuatnya tampil lebih premium, Acer tak ragu membalut laptop ini dengan bahan magnesium yang kokoh dan ringan. Pilihan bahan premium membuat feels laptop ini terasa lebih berkelas. Dan bobotnya yang ringan akan memudahkan mobilitas pengguna tanpa merasa terlalu pegal sekalipun ditenteng dengan satu tangan.

Tak hanya ringan, Swift 3 juga sangat tipis. Ketebalan maksimalnya hanya 15.95 mm. Ini membuatnya menjadi salah satu laptop tertipis di kelasnya. Karena itu tak mengherankan apabila Acer pede menyematkan embel-embel “Air” untuk menegaskan bahwa laptop ini memang tipis adanya.

Frame layar (bezel) di bagian kiri, kanan, serta atas juga sangat ramping, sehingga kesan modern-nya begitu terasa. Bezel yang tipis juga membantu meminimalisir dimensi laptop ini sehingga tetap compact sekalipun membawa layar berdiagonal 13,5 inci.

BACA JUGA :  Vivo V11 Pro Dipastikan Meluncur di Indonesia 12 September 2018

Meskipun menawarkan desain yang compact, namun Acer tetap membenamkan full size keyboard serta sandaran tangan yang cukup lebar. Sehingga, kegiatan mengetik diatas laptop ini tetap terasa nyaman. Saat diuji coba, setiap tombol (tuts) terasa sangat lembut dan memberikan respon yang sangat cepat.

Mengetik dengan keyboard Swift 3 Air 2 sangat menyenangkan karena keyboard ini bisa membantu meningkatkan kecepatan serta akurasi mengetik secara signifikan. Untuk memudahkan kita mencari tuts ketika berada di ruangan yang gelap, Acer tak lupa menyematkan backlight berwarna putih.

Port Lengkap

Body kiri dan kanan diisi dengansejumlah port yang akan memudahkan Anda mengkoneksikan laptop ini dengan berbagai perangkat. Mulai dari USB Type-A, USB Type-C dengan dukungan Thunderbolt 3, Slot HDMI, lubang jack audio, serta SD card reader.

Slot USB Type-C yang dilengkapi dengan Thunderbolt 3 memungkinkan pengguna mentransfer data hingga kecepatan 40 Giga Byte Per Second (Gbps), dan mengisi daya dengan cepat. Thunderbolt 3 pada perangkat ini juga mendukung dual output video masing-masing dengan resolusi 4K jika diputar secara bersamaan, dan mendukung resolusi hingga 5K @60Hz jika hanya digunakan untuk output 1 (satu) video.

Baterai Tahan Lama

Untuk mendukung mobilitas yang tinggi, Acer Swift 3 Air 2 dilengkapi dengan baterai yang bisa bertahan hingga 17 jam. Bahkan, sejumlah pengujian menunjukkan bahwa baterai laptop ini memiliki daya tahan hingga 1,4 kali lebih lama dibandingkan dengan baterai laptop (setara) di kelasnya.

Daya tahan baterai yang lama membuat pengguna tak perlu lagi repot membawa serta charger sepanjang waktu. Ini tentu saja bisa mengurangi beban bawaan ketika traveling atau pada saat berangkat bekerja.

Performa Unggulan dengan Kartu Grafis Lebih Bertenaga

Untuk sektor dapur pacunya, Swift 3 Air 2 dilengkapi dengan prosesor Intel Core i5-1035G4 Quad-core, dengan RAM 8GB dan SSD berkapasitas 512GB.

Khusunya untuk bagian kartu grafis, laptop ini telah dibekali dengan Intel Iris Plus Graphics yang memiliki kinerja cukup bertenaga saat digunakan untuk menonton film resolusi tinggi, editing video atau foto, serta bermain game. Meski menawarkan performa tinggi, kartu grafis ini tetap hemat daya dengan kestabilan frame hingga 95% menurut 3DMark Time Spy Stress Test. Karena itulah tak mengherankan bila laptop kelas menengah dari Acer ini mampu bertahan hingga 17 jam pemakaian.

BACA JUGA :  Cashback Rp100.000 untuk Realme 5 Pro Quad Camera Raja di Kelas 3 Jutaan

Harga Acer Swift 3 Air 2 SF313-52

Seperti yang telah diungkapkan di atas, harga resmi laptop Acer Swift 3 Air 2 type SF313-52 berada pada kisaran angka Rp13.999.000.

Jika anda cukup sering bekerja dengan menggunakan software Microsoft Office, anda memiliki kesempatan besar memperoleh lisensi Office Home and Student 2019 original senilai Rp1.799.000 yang dapat digunakan seumur hidup.

Swift 3 Air 2 dapat di pre order di Blibli.com mulai dari tanggal 12-26 Agustus 2020. dan untuk 17 orang pembeli pertama akan mendapatkan cashback sebesar Rp 2.000.000

Jika anda tertarik untuk meminang laptop ini, anda bisa mencarinya di jaringan penjualan Acer seluruh Indonesia, termasuk di website resmi serta toko-toko online.

Kesimpulan Review Acer Swift 3 Air 2

Secara keseluruhan, laptop ini sebanding dengan harganya. Kehadiran panel IPS berukuran 3:2 akan memberikan Anda visibility yang lebih luas untuk melihat konten atau pekerjaan secara vertikal. Mata pun semakin dimanjakan berkat resolusi QHD yang 268% lebih tajam dari layar HD.

Kenyamanan bekerja dengan layar yang tinggi tersebut didukung hardware yang mumpuni berupa, prosesor Intel Core i5, RAM 8GB SSD PCIe X4, hingga grafis Intel Iris Plus Graphics yang sangat hemat daya. Dengan harga sekitar yang hampir menyentuh angka Rp 14 juta, laptop ini sangat ideal, khususnya bagi Anda yang kerap bekerja dengan dokumen, programmer, editing foto maupun video, serta sering aktif di sosial media dan browsing website.

Spesifikasi Acer Swift 3 Air 2 SF313-52

CPU Intel® Core i5-1035G4 processor 1.10 GHz Quad-core (4 Core™)
OS Windows 10 Home
Display 13.5″ display with QHD Screen 3:2 ratio
Memory 8GB LPDDR4
Storage 512GB SSD
Graphic Intel® Iris Plus graphics
USB USB Type-CTM port, supporting:
• USB 3.1 Gen 1 (up to 5 Gbps)
• DisplayPort over USB-CUSB 2.0 port
HDMI® port.
Wifi Intel® Dual Band Wireless-AC, 802.11a/b/g/n/acR2+ax

wireless LAN with
Acer NplifyTM, featuring 2×2 MIMO technology

Audio • Acer Purified.Voice technology with two built-in microphones.
Features include far-field pickup, keystroke suppression, voice
tracking, adaptive beamforming, and voice recognition enhancement
• Compatible with Cortana with Voice
• Two built-in stereo speakers
Battery Up to 17 hours
Dimension 302.5 (W) x 233.88 (D) x 15.95 (H) mm
Weight 1.19 kg

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Advertisement

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement