Review WD_Black SN750 SE, SSD PCIe Gen 4 Yang Terjangkau untuk Para Gamer

Trenteknologi.com – Setelah pada tahun 2019 meluncurkan WD_BLACK SN750, Western Digital meluncurkan generasi penerusnya yang hadir dengan peningkatan pada kecepatannya yaitu WD_BLACK SN750 SE. Peningkatan utama SSD terbaru dari Western Digital ini adalah telah mendukung interface PCIe Gen 4 yang sebelumnya menggunakan PCIe Gen 3. Untuk kecepatannya, Western Digital mengklaim bahwa SSD terbarunya ini memiliki kecepatan maksimal 3600 MB/s. Dan untuk varian kapasitasnya hadir dengan kapasitas 250 GB, 500 GB, dan 1 TB, berbeda dengan generasi sebelumnya yang hadir dengan pilihan kapasitas lebih banyak hingga 4TB.

Trenteknologi.com berkesempatan untuk mencoba SSD WD_Black SN750 SE dengan kapasitas 1TB, penasaran seperti apa performa yang dimiliki oleh SSD ini setelah kami uji coba? Simak ulasannya.

Spesifikasi dan Pengujian WD_Black SN750 SE

WD_Black SN750 SE hadir dalam faktor bentuk M.2 2280 dengan interface PCIe Gen4. Secara fisik WD_Black SN750 SE terlihat mirip dengan WD Blue SN550 dengan PCB yang yang memiliki beberapa komponen utama. Pada PCB tersebut, kami menemukan controller Phison PS5019-E19. Kehadiran controller Phison sendiri tidak biasa karena WD biasanya menggunakan controller sendiri pada SSD-nya.

Dalam kesamaan lain dengan WD Blue SN550, tidak ada cache DRAM dan sebagai gantinya, menggunakan teknologi host memory buffer (HMB). Untuk pilihan kapasitasnya, WD_Black SN750 SE hadir dengan kapasitas mulai dari 250GB, 500GB dan yang tertinggi adalah kapasitas 1TB.

Untuk melakukan pengujian WD_Black SN750 SE ini, kami menggunakan platform Intel Core i7-8700K, yang dilengkapi dengan grafis Nvidia GTX 1060Ti, motherboard menggunakan ASUS B150M Pro Gaming dan RAM VGEN Tsunami 2400 MHz 2x8GB.

Untuk performa SSD ini pengujian dilakukan dengan menggunakan software Crystal Disk Mark, yang hasilnya memiliki kecepatan sequential read 3619.17 MB/s. Selain itu, dilengkapi pula dengan sequential write 2912.60 MB/s. Dengan hasil data tersebut, bisa dibilang performa kecepatan yang diklaim oleh Western Digital sangat akurat.

Performa yang cepat dari SSD ini juga sangat terasa ketika digunakan untuk booting komputer yang menjalankan sistem operasi Windows 10, SSD ini mampu membuat booting terasa sangat cepat. Sedangkan, ketika digunakan untuk menjalankan game seperti Battlefield 5, Call of Duty: Black Ops 4, PUBG hingga PES 2021 performa yang dihasilkan juga sangat memuaskan. Kami juga melakukan uji coba dengan membuka software seperti Adobe Photoshop beserta Adobe Premiere, WD_Black SN750 SE kecepatannya sangat terasa pada saat sedang melakukan impor dan ekspor file.

Kesimpulan

Dengan hasil pengujian yang didapat, menurut kami WD_Black SN750 SE sangat dapat diandalkan untuk Anda para gamer ataupun konten kreator yang menginginkan proses membaca dan menulis data dengan cepat. Walaupun performanya hanya lebih baik dari pendahulunya yaitu WD_Black SN750, namun peningkatan tersebut tetap dapat menjadi pertimbangan menggunakan SSD ini untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengguna.

Jika Anda mencari SSD NVMe yang cepat dan terjangkau yang memiliki PCIe Gen-4, WD_BLACK SN750 SE bisa menjadi pilihan utama. WD_BLACK SN750 SE dijual dengan harga yang benar-benar terjangkau yaitu dengan harga 2 jutaan saja untuk kapasitas 1TB.

Kelebihan WD_BLACK SN750 SE

  • Harganya terjangkau
  • Garansi hingga 5 tahun
  • Performa sangat cepat dibandingkan generasi sebelumnya

Kekurangan WD_BLACK SN750 SE

  • Pilihan kapasitas tertinggi hanya 1TB
Total
1
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

SHAREit Akan Fokus di Bisnis Periklanan Digital dan Incar Konsumen Offline

Next Post

Optimisme Liwa Supriyanti Untuk Industri Baja Berwawasan Hijau

Related Posts
Total
1
Share