Connect with us

Review

Review SSD : Western Digital Black SN750 NVMe 1TB

Published

on

Trenteknologi.com – Bagi para gamer, bermain game dengan lancar dan berkualitas adalah hal yang paling menyenangkan. Untuk bisa mencapai hal tersebut, maka gamer butuh beberapa komponen tertentu. Semisal PC gaming dengan spesifikasi yang tinggi, atau ponsel gaming dengan kualitas yang berbobot.

Untuk menjawab kebutuhan para gamer ini, Western Digital (WD) seolah benar-benar mengerti. Terbukti, mereka terus memperluas portofolio produknya. Tentu kamu sudah tidak asing dengan produk media penyimpanan seperti Solid State Drive yang telah mengakuisisi SanDisk, ya. Salah satu bentuknya yang kini populer adalah SSD NVMe. Di Indonesia sendiri, produk ini masih gencar diperkenalkan dari seri pertamanya yakni WD Black.

Jika pada tahun lalu WD sudah sukses memperkenalkan SSD NVMe WD Black yang ditujukan untuk gamer atau enthusiast, kini ada yang baru lagi. Yap! Western Digital Black SN750 NVMe, hadir dengan kualitas dan spesifikasi lebih mumpuni. Kecepatan yang ditawarkan pun cocok sekali untuk kamu, game yang ingin loading game optimal serta loading software yang optimal pula bagi para enthusiast.

SSD Western seri terbaru ini hadir dengan dua pilihan yakni menggunakan atau tanpa heatsink. Penasaran seperti apa spesifikasi media penyimpanan luar biasa yang satu ini? Simak ulasan berikut sampai selesai, ya!

Spesifikasi dan Pengujian Western Digital Black SN750

Dalam ulasan ini, akan dibahas tentang spesifikasi Western Digital Black SN750 NVMe 1TB untuk kamu! Tentu, versi terbaru ini tidak kalah canggih dari versi Western Digital sebelumnya, ya! Mulai dari kapasitasnya yang beragam, SSD Western Digital Black hadir untuk memenuhi kepuasanmu. Kamu bisa memilih kapasitas dari 500Gb, 250Gb, 2 TB dan 1 TB. Ukuran ini tentunya cocok untuk para gamer yang ada di Indonesia yang kemungkinan telah memakai HDD atau SSD 2,5 inci. Cocok juga untuk kamu yang masih ingin menambahkan media penyimpanan yang lebih cepat untuk berbagai kebutuhan.

BACA JUGA :  Western Digital Luncurkan SanDisk UHS-I 1TB, microSD Tercepat di Dunia

WD Black SN750 ini mengusung spesifikasi yang tidak main-main untuk memenuhi kebutuhan gaming-mu. Form factor M.2 yang digunakan adalah jenis 2280. Sedangkan interface yang digunakannya adalah Pcle 3×4 NVMe 1.3. Produk tersebut menggunakan controller buatan Western Digital sendiri. Teknologi yang ada di dalamnya adalah NAND Flash dari SanDisk 64-layer 3D TLC.

Untuk Western Digital Black SN750 NVMe 1TB ini, mempunyai performa kecepatan sequential read 3470 MBps. Selain itu, dilengkapi pula dengan sequential write 2600 MBPs. Kecepatan random read-nya juga luar biasa, mencapai 515k IOPS. Dilengkapi juga dengan random write 560k IOPS. WD Black saat satu ini saat diuji menggunakan Intel Core i7-8700K, yang dilengkapi dengan grafis Nvidia GTX 1060Ti, motherboard menggunakan ASUS B150M Pro Gaming dan RAM VGEN Tsunami 2400 MHz 2x8GB ini menghasilkan hasil yang diimpikan.

WD Black SN750 NVMe 1 Tb ini dilakukan pengujian menggunakan HD Tune dengan konfigurasi data sebesar 5GB. Hasilnya? Kecepatan yang dihasilkan memang benar-benar mumpuni sesuai dengan yang diklaim. Dalam uji coba selanjutnya yakni meng-copy data dengan besar data sebesar 10GB, sangat terlihat sekali kecepatan write pada SSD ini. Durasi yang diperlukan untuk memproses semua itu hanya memakan waktu kurang lebih 6 menit saja, lho!

Kesimpulan : Performa Menakjubkan Khususnya untuk Para Gamer

Selain berfungsi sangat optimal untuk menyimpan banyak game berkapasitas besar, kegunaan lain dari Western Digital Black SN750 NVMe ini juga banyak. Salah satunya adalah sebagai performance booster yang memiliki efek perbedaan besar dibandingkan dengan HDD. Seperti dalam kecepatannya saat menjalankan game, terutama untuk loading game tersebut. Dalam uji coba WD Black ini dengan memperlihatkan perbedaan loadingnya di game Call of Duty Modern Warfare 3, hasilnya sungguh mencengangkan!

BACA JUGA :  Sedang Mencari SSD Eksternal ? Ini Pilihan SSD Eksternal Portable

Waktu loading yang dibutuhkan HDD saat menjalankan game itu adalah 39 detik. Sedangkan pada WD Black NVME SSD ini hanya membutuhkan waktu 7 detik saja. Bagaimana? Jelas merupakan perbedaan yang sangat signifikan, bukan?

Selain itu, SSD WD ini juga dirancang dengan desain pendingin ramping yang disematkan di dalamnya. Karena hal inilah, WD lebih menyasar pada segmen gaming yang menjanjikan performa optimal SSD dalam waktu yang lama dan konsisten. Desain pendingin inilah yang nantinya akan mencegah panas dari SSD tersebut saat melakukan kinerja yang intensif. Jika digunakan dalam versinya yang tanpa menggunakan heatsink, performanya tentu akan lebih bertenaga. Hal ini disebabkan performa akan berada di puncaknya dalam waktu yang lama.

Perlu diketahui juga bahwa Western Digital Black SN750 NVMe 1TB ini memiliki heatsink yang tidak bisa dimodifikasi bahkan dibuka oleh penggunanya. Versi heatsink ini juga hanya bisa digunakan pada perangkat PC-mu saja, sedang versi tanpa heatsink-nya bisa juga digunakan untuk laptop. Selain itu, WD juga menambahkan fitur terbarunya dalam versi WD yang satu ini. Fitur tersebut adalah fitur Gaming Mode yang ada di dashboard SSD eksklusif WD Black.

Dengan fitur ini, kamu sebagai pengguna bisa menonaktifkan mode daya yang rendah, serta membuat SSD terus bekerja dengan performa yang paling baik. Software dashboard eksklusif ini hanya akan hadir di SSD WD Blank SN750 saja, lho, karena jenis SSD lainnya tidak akan bisa mendukung fitur ini. Dalam demo langsungnya saat memperkenalkan SSD ini, WD Black menunjukkan performa yang memang prima. Kemampuan membacanya sampai 3.300,7 Mb/s, dengan kecepatan menulisnya sebesar 3.006,4 MB/s. Beberapa game juga ditunjukkan dalam demo ini, dan performa kecepatannya memang tidak bisa diragukan lagi, seperti game Anthem dan DOTA 2.

BACA JUGA :  Sedang Mencari SSD Eksternal ? Ini Pilihan SSD Eksternal Portable

Harga SSD WD SN750

Setelah mengetahui spesifikasi yang sangat ciamik tersebut, berikut fungsinya yang beragam, kamu pasti tertarik dengan WD Black ini, bukan? Lalu, berapa sih, harganya? Jangan heran ya, jika harga Western Digital Black SN750 NVMe ini dibanderol dengan harga yang lumayan. Untuk garansinya sendiri, WD memberikan masa garansi sampai 5 tahun, lho. Harganya pun beragam dilihat dari jenis WD ini.

Untuk WD Black NVMe dengan kapasitas 250 GB, kamu harus mengeluarkan kocek sampai Rp1,6 juta. Untuk kapasitas 500 GB, persiapkanlah sekitar Rp3,1 juta. Untuk WD Black NVMe 1 TB dijual dengan harga Rp4,8 – Rp5,4 jutaan. Bagaimana, apakah harga yang cukup fantastis? Tenang saja, harga itu cocok kok, dengan spek dan performa yang akan kamu dapatkan.

Kelebihan

  • Banyak pilihan kapasitas
  • Kecepatan Read & Write data sangat cepat
  • Konfigurasi mudah melalui Western Digital SSD Dashboard
  • Tersedia dukungan heatsink
  • Garansi lama hingga 5 tahun

Kekurangan

  • Harga terbilang cukup tinggi untuk SSD kelas entry-level

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Review

Menjajal Redmi Note 8 Yang Akan Meluncur ke Indonesia, Bagaimana Hasil Kameranya ?

Published

on

Trenteknologi.com – Xiaomi resmi mengkonfirmasi akan memboyong smartphone terbarunya Redmi Note 8 ke Indonesia. Tidak hanya Redmi Note 8, Xiaomi juga mengkonfirmasi juga akan membawa Redmi Note 8 Pro untuk para Mi Fans di Indonesia pada tanggal 17 Oktober 2019 mendatang.

Dan sebelum diluncurkan minggu depan, Trenteknologi.com mendapatkan kesempatan untuk mencoba secara langsung Redmi Note 8, terutama mencoba bagaimana hasil kameranya yang mengunggulkan sensor kamera beresolusi 48MP. Menurut versi globalnya, seri Redmi terbaru ini telah dibekali dengan empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama beresolusi 48MP, kamera 8MP dengan lensa Ultra-Wide, 2MP Depth Sensor dan juga 2MP lensa Macro. Lalu seperti apakah kualitas foto yang dihasilkan oleh Redmi Note 8 ini ?

Hasil Kamera Redmi Note 8

Dari segi desain, ponsel ini memiliki desain yang tidak jauh berbeda dengan pendahulunya yaitu Redmi Note 7, dengan masih mempertahankan desain layar Dot Drop untuk kamera depan beresolusi 13MP dan juga bodi belakang berjejer 4 kamera dan juga Fingerprint beraksen kaca dengan dua pilihan warna yaitu Space Black dan Neptune Blue. Lalu pada bagian bawah bodinya, terdapat port jack 3.5mm, USB Type-C dan juga lubang speaker sekaligus Mic. Dan pada bagian atas bodinya, terdapat juga lubang Mic dan Infra Red.

BACA JUGA :  Western Digital Luncurkan SanDisk UHS-I 1TB, microSD Tercepat di Dunia

Desain Redmi Note 8

 

Untuk spesifikasi Redmi Note 8 jika menurut versi globalnya, ponsel ini akan dibekali dengan prosesor Snapdragon 665 Octa-Core yang disertai chipset grafis Adreno 610. Untuk mendukung kinerja dari prosesor tersebut, Redmi Note 8 akan menggunakan RAM sebesar 4GB dengan penyimpanan internal berkapasitas 64GB. Selain itu ponsel ini juga akan dibekali dengan kapasitas baterai berkapasitas besar yaitu 4000 mAh dengan dukungan USB Type-C 18W Fast Charger.

Lalu untuk Redmi Note 8 Pro, Xiaomi sendiri belum ingin buka suara mengenai seri “Pro” ini apakah akan turut dibawa ke Indonesia, karena mereka akan memberikan kejutan untuk para Mi Fans. Namun dari terkuaknya sertifikasi TKDN Kementrian Perindustrian (Kemeperin), yang mencantumkan nomor kode M1906G7G. Kode tersebut disimpulkan merupakan nomor kode untuk Redmi Note 8 Pro, yang menurut versi globalnya, Redmi Note 8 Pro akan menjadi smartphone pertama yang menggunakan sensor kamera 64MP di Indonesia.

Continue Reading

Brand

Realme 5 Pro vs Vivo V17 Pro, Mana yang Lebih Layak untuk Dibeli ?

Published

on

Trenteknologi.com – Di bulan September ini dua ponsel dengan nama akhiran Pro yang mengunggulkan fitur Quad Camera di ponsel kelas menengah akan menjadi rival di tahun 2019 ini. Realme lebih dulu menghadirkan Realme 5 Pro ke pasar Indonesia beberapa hari lalu dengan membawa sejumlah keunggulan pada sektor kameranya. Salah satu keunggulannya sebut saja fitur 48MP Quad Camera. Dan yang paling menarik, ponsel itu dijual dengan harga yang cukup terjangkau, hanya dibawah 4 juta rupiah saja.

Namun Vivo juga tidak mau kalah, karena mereka sebentar lagi juga akan merilis ponsel lanjutan dari seri V, yang bernama V17 Pro. Ponsel Vivo dengan 6 kamera ini juga akan mengandalkan 48MP Quad Camera ditambah dengan kamera selfie dual pop-up, namun untuk harga jualnya masih belum diketahui karena peluncuran Vivo V17 Pro baru akan diluncurkan pada 23 September 2019 mendatang.

Kedua ponsel tersebut merupakan ponsel untuk pasar kelas menengah, dan ponsel kelas menengah kini sedang dipenuhi dengan berbagai pemain. Di kelas ini umumnya terisi dengan ponsel yang memiliki fitur-fitur unggulan seperti yang teradapat pada ponsel flagship. Dan jika kita lihat dari segi spesifikasi, Realme 5 Pro dan Vivo V17 hadir dengan spesifikasi yang terbilang sepadan. Lalu manakah yang lebih layak untuk dibeli ? mari coba kita bandingkan keunggulan pada kedua ponsel tersebut.

Desain : Konsep Desain Terkini, Tapi Tidak Identik
Pada kedua ponsel tersebut dari segi desainnya, Realme 5 Pro dan Vivo V17 Pro memiliki konsep desain yang terkini tapi tidak identik. realme 5 Pro masih menggunakan desain khas seperti yang digunakan realme 3 Pro. Sedangkan Vivo V17 Pro mirip dengan desain realme X.

BACA JUGA :  Sedang Mencari SSD Eksternal ? Ini Pilihan SSD Eksternal Portable

Menggunakan material polikarbonat, baik V17 Pro maupun realme 5 Pro memiliki kilau pada bodinya berkat permainan warna gradasi mengkilap. Aksen seperti ini memberi kesan kemewahan dan juga elegan, hanya saja di realme 5 Pro ada ciri khas khusus. Tidak sekadar permainan gradasi dua warna atas dan bawah, pada Realme 5 Pro juga terdapat motif layaknya kristal terutama di bagian belakang bawah.

Sedangkan V17 Pro hadir lebih sederhana dengan gradasi dua warna atas dan bawah tanpa motif khusus.
Meski demikian namun keduanya nyaman untuk digenggam, karena bagian sisi belakangnya sama-sama dibuat melengkung sehingga sangat pas di telapak tangan. Perbedaan juga terlihat pada letak Quad Camera, realme 5 Pro memasangkan jejeran kamera di kiri atas dan Vivo V17 Pro di satu sisi memasangnya di bagian tengah. Jujur bagi kami lebih senang peletakan kamera di bagian samping, karena saat digenggam kamera ini tidak mudah terpegang jari. Jika berada di tengah, maka saat digenggam kamera mudah tersentuh tangan sehingga lensa menjadi cepat kotor.

Tapi kelebihannya Vivo V17 Pro memiliki kamera pop up layaknya Realme X, sedangkan realme 5 Pro menggunakan poni dewdrop. Untuk urusan ini tergantung preferensi Anda, mana yang Anda suka. Jika Anda suka desain yang ringkas maka akan lebih baik menggunakan desain poni di realme. Apalagi realme 5 Pro memiliki daya tahan dengan desain yang tahan akan cipratan air, V17 Pro belum.

BACA JUGA :  Western Digital Luncurkan SanDisk UHS-I 1TB, microSD Tercepat di Dunia

Layar : Perbedaan Teknologi Layar yang Digunakan
Panel IPS LCD dipilih untuk menjadi jenis layar realme 5 Pro. Sedangkan V17 Pro menggunakan panel Super AMOLED.

Ukuran juga berbeda, Vivo V17 Pro menggunakan layar berukuran 6,44 inci sedangkan realme 5 Pro 6,3 inci. Masing-masing berikan keunggulan masing-masing dan preferensi yang berbeda juga di tiap pengguna.

Kamera : 
Bagian kamera menjadi sektor yang paling menarik, karena dua ponsel itu memiliki keunggulan di bagian ini. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Vivo V17 Pro hadir dengan mengunggulkan kamera depan dual pop-up 32MP. Dan untuk kamera belakangnya terpasang empat kamera yang masing-masing beresolusi 48MP sebagai kamera utama, 8MP sebagai kamera lensa lebar, 13MP sebagai  kamera portrait, dan 2MP untuk kamera kedalaman (depth).

Kamera Vivo V17 Pro

Sedangkan untuk realme 5 Pro, ponsel ini memiliki kamera depan yang lebih sederhana yakni 16MP. Untuk kamera belakangnya, realme 5 Pro menggunakan Quad Camera dengan susunan kamera utama 48MP, 8MP kamera lensa lebar, 2MP lensa makro, dan 2MP lensa depth.

Kamera Realme 5 Pro

Kamera utamanya memiliki keunggulan saat berhadapan dengan kondisi minim cahaya. Melalui sebuah mode bernama Nightscape, kamera akan diatur sedemikian rupa saat membidik objek di kegelapan dengan mengandalkan teknologi kecerdasan buatan atau AI. Sehingga hasil yang akan didapatkan adalah foto malam hari yang terang, jernih dengan kontras yang seimbang. Dan yang membuat unggul dari Quad Camera di Realme 5 Pro adalah keberadaan kamera lensa makro yang dapat digunakan untuk memotret detail-detail kecil pada objek yang diinginkan.

BACA JUGA :  Sedang Mencari SSD Eksternal ? Ini Pilihan SSD Eksternal Portable

Baterai : Penggunaan Daya Baterai yang Irit dengan Teknologi Pengisian Daya Cepat
Vivo V17 Pro dibekali baterai berkapasitas 4100mAh, begitupun realme 5 Pro dengan kapasitas 4035mAh. Karena masing-masing menggunakan antarmuka olahan, maka untuk bagian ini keduanya berhasil menekan penyedotan daya berlebih. Hal ini berujung pada kehematan baterai keduanya sehingga mampu bertahan seharian.

VOOC Flash Charge 3.0

Sebagai nilai tambah keduanya juga mengusung teknologi pengisian daya cepat. Tapi realme 5 Pro hadir secara lebih spesial. Teknologi pengisian daya cepat populer yang bernama VOOC Flash Charge 3.0 dibawa di ponsel tersebut. Dengan kekuatan cas 20W menggunakan aksesori bawaan, baterai dapat terisi dari kosong hingga penuh di bawah 90 menit saja.

Kesimpulan : Rival yang Sepadan
Vivo V17 Pro dan realme 5 Pro hadir sebagai rival yang cukup sepadan. Keduanya membawa sejumlah fitur-fitur terkini, juga tampilan yang mengikuti zaman. Ada sejumlah perbedaan misal kamera V17 Pro yang dual di bagian depan. Sedangkan realme 5 Pro lebih unggul di penggunaan chipset. Juga kamera dengan lensa makro yang jarang ditemui untuk ponsel di kelasnya.

Maka yang akan menjadi pembedanya adalah dari segi harga. Vivo V17 Pro memang masih belum diketahui harganya hanya saja Vivo bukan vendor yang suka menjual produk dengan harga terjangkau. Beda dengan realme 5 Pro yang dijual dengan harga di bawah empat juta. Jadi jika dilihat dari kaca mata harga, jelas realme 5 Pro akan menjadi kandidat yang lebih layak untuk dimiliki untuk Anda yang memiliki dana 3 jutaan.

Continue Reading

Review

Spek Oppo A83 dan Harganya

Published

on

Spek Oppo A83 yang bisa dibilang ‘killer’ bukan satu-satunya alasan mengapa Smartphone ini cepat ludes dipasaran. Statusnya sebagai ‘raja selfie’ mungkin menjadi pertimbangan pengguna Smartphone untuk lebih memilih produk Oppo, khususnya Oppo A83.

Sejauh ini point plus produk Oppo memang lebih fokus pada sektor kamera. Jadi terlepas apapun tipenya, wajar jika para ‘penggila selfie’ dan pecinta fotografi ramai-ramai exodus ke brand Oppo yang bisa dikatakan usianya masih seumur jagung.

Seperti yang sudah kita duga, setelah F5, kehadiran Oppo A83 masih menyajikan ‘menu istimewa’ dari sisi kamera. Ini bisa dibuktikan dengan ditambahkannya fitur A1 Beauty Technology yang serta merta membuat penggemar selfie dan fotografi berdecak kagum.

Harus dicatat, Smartphone ini dibekali kamera depan beresolusi 8MP dilengkapi fitur Smart Selfie. Konon fitur ini mampu memindai 254 titik pada wajah sehingga hasil selfie terlihat sangat berkualitas. Berikut ini sedikit review spesifikasi dan harga dari Oppo A83.

Desain Ramping, Layar Jernih, Spesifikasi Mumpuni

Oppo A83 hadir dengan bodi ramping, bahkan tidak terasa bertambah berat saat dimasukkan di kantong bareng Smartphone lain. Ukurannya yang didesain pas di genggaman juga tak membuat ponsel ini banyak makan tempat.

Dari sisi layar A83 dibekali layar IPS LCD dengan bezel minimalis, sementara ukuran diagonalnya 5,7 inch dengan aspek rasio 18:9. Sangat ideal untuk bermain game maupun menonton video.

BACA JUGA :  Western Digital Luncurkan SanDisk UHS-I 1TB, microSD Tercepat di Dunia

Dari deretan tombol fungsi tidak ada perubahan dari tipe sebelumnya. Ada tombol Power ditemani slot SIM card di sisi kanan. Sementara di sisi kiri ada tombol volume sekaligus opsi untuk pengambilan foto. Dari sini sudah bisa disimpulkan secara keseluruhan, baik dari sisi desain maupun layar Oppo A83 cukup memuaskan.

Dilihat dari garapan dapur pacunya spesifikasi Oppo A83 juga terlihat serius terkait performa. Setidaknya ini terlihat dari prosesor Helio P23 serta RAM 3GB juga memori internal 32GB.

Berkat dukungan prosesor dan RAM tersebut, secara multitasking tak ada kendala apapu saat melakukan perpindahan antar aplikasi. Bahkan untuk aplikasi game berat yang notabene sangat rakus RAM.

Uji performa dengan game berat Dynasty Unleashed hasilnya nyaris tanpa cacat. Permainan tetap berjalan dengan smooth dan tak ada satu kalipun lagging yang mengganggu. Bentang layar yang cukup luas sudah pasti menambah keseruan bermain game.

Secara visual tampilan Oppo A83 layak diberikan skor tinggi. Warna dan gambar yang ditampilkan terlihat begitu pekat dan sangat tajam.

Kesempurnaan spek Oppo A83 juga terlihat dari sektor baterai. Berbekal kekuatan baterai 3.180 mAh sepertinya tidak sulit bagi Smartphone ini untuk aktivitas download video, maupun game yang instalnya cukup berat selama berjam-jam.

Dari sisi performa dan visual Oppo A83 harus diakui unggul telak. Namun ada sedikit yang mengganggu yaitu di sektor audio. Dengan kata lain kualitas audio A83 bisa dibilang standard. Suara mp3 maupun video tidak begitu bagus meski sudah menggunakan headset original dari Oppo.

BACA JUGA :  Sedang Mencari SSD Eksternal ? Ini Pilihan SSD Eksternal Portable

Jika dilihat dari harga Oppo A83, Smartphone ini termasuk level mid-end. Namun yang patut disayangkan adalah absennya fitur fingerprint pada perangkat ini. Padahal F5 dan beberapa tipe pendahulu yang lain sudah menggunakannya.

Untuk menggantikan fungsi fingerprint Oppo A83 hadir dengan fitur pemindai wajah. Sebelum pemindaian wajah dilakukan, pengguna harus terlebih dulu memasukkan kata sandi. Ini merupakan opsi jika pemindaian wajah tidak memungkinkan atau gagal.

Pada spek Oppo A83 sendiri sudah ditambahkan fitur enkripsi untuk memproteksi aplikasi-aplikasi personal. Ada juga fitur blacklist serta anti-spam sehingga pengguna terhindar dari berbagai kejahatan cyber.

Continue Reading
Advertisement

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement

Top 5