Connect with us

Review

Review SSD : Western Digital Black SN750 NVMe 1TB

Published

on

Trenteknologi.com – Bagi para gamer, bermain game dengan lancar dan berkualitas adalah hal yang paling menyenangkan. Untuk bisa mencapai hal tersebut, maka gamer butuh beberapa komponen tertentu. Semisal PC gaming dengan spesifikasi yang tinggi, atau ponsel gaming dengan kualitas yang berbobot.

Untuk menjawab kebutuhan para gamer ini, Western Digital (WD) seolah benar-benar mengerti. Terbukti, mereka terus memperluas portofolio produknya. Tentu kamu sudah tidak asing dengan produk media penyimpanan seperti Solid State Drive yang telah mengakuisisi SanDisk, ya. Salah satu bentuknya yang kini populer adalah SSD NVMe. Di Indonesia sendiri, produk ini masih gencar diperkenalkan dari seri pertamanya yakni WD Black.

Jika pada tahun lalu WD sudah sukses memperkenalkan SSD NVMe WD Black yang ditujukan untuk gamer atau enthusiast, kini ada yang baru lagi. Yap! Western Digital Black SN750 NVMe, hadir dengan kualitas dan spesifikasi lebih mumpuni. Kecepatan yang ditawarkan pun cocok sekali untuk kamu, game yang ingin loading game optimal serta loading software yang optimal pula bagi para enthusiast.

SSD Western seri terbaru ini hadir dengan dua pilihan yakni menggunakan atau tanpa heatsink. Penasaran seperti apa spesifikasi media penyimpanan luar biasa yang satu ini? Simak ulasan berikut sampai selesai, ya!

Spesifikasi dan Pengujian Western Digital Black SN750

Dalam ulasan ini, akan dibahas tentang spesifikasi Western Digital Black SN750 NVMe 1TB untuk kamu! Tentu, versi terbaru ini tidak kalah canggih dari versi Western Digital sebelumnya, ya! Mulai dari kapasitasnya yang beragam, SSD Western Digital Black hadir untuk memenuhi kepuasanmu. Kamu bisa memilih kapasitas dari 500Gb, 250Gb, 2 TB dan 1 TB. Ukuran ini tentunya cocok untuk para gamer yang ada di Indonesia yang kemungkinan telah memakai HDD atau SSD 2,5 inci. Cocok juga untuk kamu yang masih ingin menambahkan media penyimpanan yang lebih cepat untuk berbagai kebutuhan.

WD Black SN750 ini mengusung spesifikasi yang tidak main-main untuk memenuhi kebutuhan gaming-mu. Form factor M.2 yang digunakan adalah jenis 2280. Sedangkan interface yang digunakannya adalah Pcle 3×4 NVMe 1.3. Produk tersebut menggunakan controller buatan Western Digital sendiri. Teknologi yang ada di dalamnya adalah NAND Flash dari SanDisk 64-layer 3D TLC.

BACA JUGA :  Western Digital Luncurkan SanDisk UHS-I 1TB, microSD Tercepat di Dunia

Untuk Western Digital Black SN750 NVMe 1TB ini, mempunyai performa kecepatan sequential read 3470 MBps. Selain itu, dilengkapi pula dengan sequential write 2600 MBPs. Kecepatan random read-nya juga luar biasa, mencapai 515k IOPS. Dilengkapi juga dengan random write 560k IOPS. WD Black saat satu ini saat diuji menggunakan Intel Core i7-8700K, yang dilengkapi dengan grafis Nvidia GTX 1060Ti, motherboard menggunakan ASUS B150M Pro Gaming dan RAM VGEN Tsunami 2400 MHz 2x8GB ini menghasilkan hasil yang diimpikan.

WD Black SN750 NVMe 1 Tb ini dilakukan pengujian menggunakan HD Tune dengan konfigurasi data sebesar 5GB. Hasilnya? Kecepatan yang dihasilkan memang benar-benar mumpuni sesuai dengan yang diklaim. Dalam uji coba selanjutnya yakni meng-copy data dengan besar data sebesar 10GB, sangat terlihat sekali kecepatan write pada SSD ini. Durasi yang diperlukan untuk memproses semua itu hanya memakan waktu kurang lebih 6 menit saja, lho!

Kesimpulan : Performa Menakjubkan Khususnya untuk Para Gamer

Selain berfungsi sangat optimal untuk menyimpan banyak game berkapasitas besar, kegunaan lain dari Western Digital Black SN750 NVMe ini juga banyak. Salah satunya adalah sebagai performance booster yang memiliki efek perbedaan besar dibandingkan dengan HDD. Seperti dalam kecepatannya saat menjalankan game, terutama untuk loading game tersebut. Dalam uji coba WD Black ini dengan memperlihatkan perbedaan loadingnya di game Call of Duty Modern Warfare 3, hasilnya sungguh mencengangkan!

Waktu loading yang dibutuhkan HDD saat menjalankan game itu adalah 39 detik. Sedangkan pada WD Black NVME SSD ini hanya membutuhkan waktu 7 detik saja. Bagaimana? Jelas merupakan perbedaan yang sangat signifikan, bukan?

Selain itu, SSD WD ini juga dirancang dengan desain pendingin ramping yang disematkan di dalamnya. Karena hal inilah, WD lebih menyasar pada segmen gaming yang menjanjikan performa optimal SSD dalam waktu yang lama dan konsisten. Desain pendingin inilah yang nantinya akan mencegah panas dari SSD tersebut saat melakukan kinerja yang intensif. Jika digunakan dalam versinya yang tanpa menggunakan heatsink, performanya tentu akan lebih bertenaga. Hal ini disebabkan performa akan berada di puncaknya dalam waktu yang lama.

BACA JUGA :  Western Digital Luncurkan WD Blue SN550 SSD NVMe untuk Kalangan Profesional

Perlu diketahui juga bahwa Western Digital Black SN750 NVMe 1TB ini memiliki heatsink yang tidak bisa dimodifikasi bahkan dibuka oleh penggunanya. Versi heatsink ini juga hanya bisa digunakan pada perangkat PC-mu saja, sedang versi tanpa heatsink-nya bisa juga digunakan untuk laptop. Selain itu, WD juga menambahkan fitur terbarunya dalam versi WD yang satu ini. Fitur tersebut adalah fitur Gaming Mode yang ada di dashboard SSD eksklusif WD Black.

Dengan fitur ini, kamu sebagai pengguna bisa menonaktifkan mode daya yang rendah, serta membuat SSD terus bekerja dengan performa yang paling baik. Software dashboard eksklusif ini hanya akan hadir di SSD WD Blank SN750 saja, lho, karena jenis SSD lainnya tidak akan bisa mendukung fitur ini. Dalam demo langsungnya saat memperkenalkan SSD ini, WD Black menunjukkan performa yang memang prima. Kemampuan membacanya sampai 3.300,7 Mb/s, dengan kecepatan menulisnya sebesar 3.006,4 MB/s. Beberapa game juga ditunjukkan dalam demo ini, dan performa kecepatannya memang tidak bisa diragukan lagi, seperti game Anthem dan DOTA 2.

Harga SSD WD SN750

Setelah mengetahui spesifikasi yang sangat ciamik tersebut, berikut fungsinya yang beragam, kamu pasti tertarik dengan WD Black ini, bukan? Lalu, berapa sih, harganya? Jangan heran ya, jika harga Western Digital Black SN750 NVMe ini dibanderol dengan harga yang lumayan. Untuk garansinya sendiri, WD memberikan masa garansi sampai 5 tahun, lho. Harganya pun beragam dilihat dari jenis WD ini.

Untuk WD Black NVMe dengan kapasitas 250 GB, kamu harus mengeluarkan kocek sampai Rp1,6 juta. Untuk kapasitas 500 GB, persiapkanlah sekitar Rp3,1 juta. Untuk WD Black NVMe 1 TB dijual dengan harga Rp4,8 – Rp5,4 jutaan. Bagaimana, apakah harga yang cukup fantastis? Tenang saja, harga itu cocok kok, dengan spek dan performa yang akan kamu dapatkan.

Kelebihan

  • Banyak pilihan kapasitas
  • Kecepatan Read & Write data sangat cepat
  • Konfigurasi mudah melalui Western Digital SSD Dashboard
  • Tersedia dukungan heatsink
  • Garansi lama hingga 5 tahun

Kekurangan

  • Harga terbilang cukup tinggi untuk SSD kelas entry-level

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Advertisement

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement