Tokopedia Marketing Solutions dan Meta Bantu Pelaku Bisnis Tingkatkan Konversi Penjualan dengan Collaborative Ads

Trenteknologi.com – Menurut data terbaru dari Tokopedia, jumlah penjual di platform tersebut telah mencapai lebih dari 14 juta. Melalui Tokopedia, para pelaku usaha ini memasarkan lebih dari 1,8 miliar produk ke masyarakat di 99% kecamatan di Indonesia.

Indonesia juga disebut sebagai negara dengan populasi digital terbesar di Asia Tenggara, menurut laporan Meta bersama Bain & Company tahun 2022, dengan 168 juta konsumen digital. Hal ini menciptakan potensi besar bagi para pelaku bisnis untuk menjangkau konsumen tersebut.

“Ratusan juta konsumen digital di Indonesia ini merupakan konsumen yang potensial untuk disasar oleh para pelaku bisnis,” jelas Vice President of Tokopedia Marketing Solutions, Edwin Chayadi.

“Tokopedia pun berupaya membantu pelaku usaha memaksimalkan bisnis dan menjangkau lebih banyak konsumen lewat solusi pemasaran menyeluruh Tokopedia Marketing Solutions. Kali ini, Tokopedia Marketing Solutions bekerja sama dengan Meta–perusahaan media sosial yang menaungi Facebook dan Instagram–dalam pemanfaatan Collaborative Ads,” kata Edwin.

Dalam upaya membantu para pelaku usaha memaksimalkan bisnis dan menjangkau lebih banyak konsumen, Tokopedia bekerja sama dengan Meta, perusahaan yang menaungi Facebook dan Instagram. Mereka menggunakan Collaborative Ads untuk memungkinkan pelaku bisnis beriklan secara strategis di media sosial, sehingga iklan ditargetkan kepada pengguna yang memiliki minat dan interaksi sebelumnya dengan produk atau toko di Tokopedia. Hal ini dapat meningkatkan konversi penjualan secara signifikan.

BACA JUGA :  realme P1 Series Tawarkan Hape dengan Performa, Kamera, dan Daya Tahan Baterai Unggulan

Laporan juga menunjukkan bahwa e-commerce menjadi platform belanja yang populer di Indonesia, dan media sosial memiliki peran penting dalam fase discovery dan evaluasi sebelum melakukan pembelian online. Oleh karena itu, iklan di media sosial memiliki pengaruh besar dalam keputusan konsumen untuk berbelanja online.

Melalui kerja sama ini, Tokopedia Marketing Solutions membantu pelaku bisnis menargetkan audiens media sosial dengan lebih efektif melalui iklan yang dipersonalisasi. Pelaku bisnis juga dapat melihat analisis kinerja pemasaran untuk pengambilan keputusan yang lebih baik.

Hasilnya, para penjual di Tokopedia yang menggunakan Collaborative Ads melalui Tokopedia Marketing Solutions telah mencatat peningkatan pendapatan toko hingga lebih dari 30% dan pesanan toko hingga 35%. Mereka juga mencapai Return on Ad Spend (ROAS) hingga 14 kali lipat dibandingkan sebelum menggunakan Collaborative Ads.

Contoh keberhasilan penggunaan Collaborative Ads termasuk Elite Spring Bed, LEGO, dan TCL di Tokopedia, yang semuanya mengalami peningkatan pesanan, pendapatan, dan ROAS setelah menggunakan solusi ini.

“Elite Spring Bed memiliki misi untuk menciptakan produk berkualitas dengan harga bersaing serta memberikan edukasi produk tepat guna kepada konsumen. Untuk menyasar audiens yang tepat, kami memanfaatkan Collaborative Ads lewat Tokopedia Marketing Solutions. Hasilnya, Elite Spring Bed berhasil mencatat peningkatan pemesanan sebesar 60%, peningkatan pendapatan sebesar 156% dan ROAS sebesar lebih dari 9 kali lipat,” ujar Head of Marketing Elite Spring Bed, Fajri.

BACA JUGA :  Cara Maksimalkan Penggunaan Dynamic Button pada realme 12 5G

Sementara LEGO, salah satu manufaktur mainan terkemuka di dunia yang juga memiliki toko di Tokopedia, juga menggunakan Collaborative Ads pada strategi pemasaran online-nya, guna mendekatkan LEGO ke pasar Indonesia, khususnya konsumen digital, dan meningkatkan penjualan. 

“Indonesia merupakan pasar yang sangat penting bagi LEGO Group. Dengan bantuan Collaborative Ads, LEGO mencatat pertumbuhan yang sangat positif, dimana terdapat peningkatan pemesanan toko sebesar 113% dan peningkatan pendapatan toko sebesar 163%. Kami juga mendapatkan ROAS sebesar 3,6 kali lipat pada kampanye kami. Pencapaian ini merupakan bukti keberhasilan dan efektivitas dari kolaborasi Tokopedia Marketing Solutions dan Meta,” ujar SEA E-Commerce Head of the LEGO Group, U-Fong Chua.

Ada pula TCL, merek teknologi global terkemuka dalam panel layar, TV dan perangkat seluler, yang juga telah memanfaatkan Collaborative Ads untuk meningkatkan konversi penjualan di Tokopedia dari iklan di media sosial. 

Chief Marketing Officer TCL Indonesia, Wesley Yeung, mengatakan, “Dengan menggunakan Collaborative Ads dari Tokopedia Marketing Solutions, TCL telah mencatat peningkatan pendapatan sebesar 257%, peningkatan pemesanan sebesar 288%, dengan ROAS sebesar lebih dari 21,4 kali lipat.”

Dengan adanya kerja sama ini, Tokopedia Marketing Solutions dan Meta bertujuan untuk membantu pelaku bisnis mengoptimalkan kinerja bisnis mereka di Tokopedia dan mendorong pemerataan ekonomi digital di Indonesia.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Infinix Note 30 Series Resmi Meluncur, Harga Cuma Rp 2 Jutaan !

Next Post

Prosesor Intel Core Mobile 13th Gen dan Intel Xeon 4th Gen Resmi Dirilis di Indonesia

Related Posts
Total
0
Share