Connect with us

Review

Unboxing Redmi Note 8 : Smartphone Quad Camera 2 Jutaan Tapi Gak Murahan

Published

on

Trenteknologi.com – Kali ini Trenteknologi.com mendapatkan kesempatan untuk melakukan Unboxing Redmi Note 8 yang pada minggu lalu secara resmi diluncurkan di Indonesia. Seri Redmi dikembangkan oleh Xiaomi untuk mengincar pasar smartphone yang kompetitif dengan harga yang murah namun dengan spesifikasi yang mumpuni. Redmi Note 8 ini dibekali dengan spesifikasi yang ditingkatkan dari pendahulunya yaitu Redmi Note 7. Peningkatan spesifikasi terjadi dari berbagai sektor, mulai dari desain, kamera, prosesor hingga teknologi layar yang digunakan.

“Kami bangga mengatakan bahwa Redmi Note 8 terbaru ini adalah upgrade terbesar yang pernah kami berikan. Sejak Redmi diluncurkan, seri ini jadi uang paling populer dengan pengguna lebih dari 100 juta orang di seluruh dunia. Keberadaannya mewakili filosofi kami, bahwa inovasi itu harus bisa dinikmati oleh semua orang dengan performanya yang luar biasa dan harga yang sangat terjangkau,” kata Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia.

Dengan sistem operasi MIUI 10 berbasis Android 9 Pie, Redmi Note 8 ditenagai oleh chipset Snapdragon 665 dengan tiga pilihan RAM dan juga penyimpanan internal yaitu 3GB+32GB, 4GB+64GB dan yang paling besar 6GB+128GB.

Lalu pada bagian spesialnya yaitu di sisi kamera, ponsel ini telah dilengkapi dengan total 5 kamera yang terdiri dari satu kamera depan dan empat kamera belakang dengan empat sensor yaitu sensor kamera utama beresolusi 48MP 0,8μm, 1/2″ sensor, FOV 79,4°, f/1,75 aperture. Dan juga terdapat kamera lainnya yaitu kamera 8MP dengan lensa Ultra-Wide yang dapat menghasilkan lebar hingga 120 derajat, juga terdapat kamera 2MP dengan lensa Macro 1,75μm, f/2.4 aperture, dan yang terakhir kamera 2MP untuk Depth Sensor yang dapat menghasilkan foto bokeh yang luar biasa.

BACA JUGA :  Vivo Pelopori Tren Teknologi Screen Touch ID

Hadir dengan desain yang sangat cantik dan elegan, Redmi Note 8 menghadirkan desain kaca pada bagian layar dan bodi belakang yang diklaim kuat karena berkat Corning Gorilla Glass 5. Untuk tampilan depan, layar berukuran 6,3 inci dengan resolusi FHD + yang menghasilkan kualitas gambar sangat tajam. Dan untuk mendukung aktivitas sehari-hari dari penggunanya, ada baterai berkapasitas besar 4.000 mAh yang diklaim dapat membuat ponsel bertahan hingga seharian. Untuk ulasan yang lebih lengkap tentang bagaimana hasil kamera dan performa dari Redmi Note 8 ini, Trenteknologi.com akan membuatnya di artikel Review nanti.

Unboxing Redmi Note 8

Redmi Note 8 dikemas dalam sebuah box yang memiliki desain hampir mirip dengan box pada produk-produk sebelumnya, yaitu dengan warna dasar putih. Namun terdapat perbedaan mencolok pada box Redmi Note 8 ini yaitu terdapat gambar dari Redmi Note 8 yang dicetak pada bagian atas kotak. Selanjutnya, pada bagian belakang, ada detail utama tentang spesifikasi Redmi Note 8, dan saya mendapat unit ponsel ini dengan warna Neptune Blue. Membongkar bagian atas kotak, saya disambut dengan box kecil berwarna putih. Di dalamnya, terdapat SIM Ejector, panduan pengguna, kartu garansi dan juga Soft Case transparan.

Tepat setelah box kecil tersebut, terdapat unit Redmi Note 8 itu sendiri yang dibungkus dengan plastik pelindung, dan ada stiker plastik pada layar ponsel itu sendiri yang menonjolkan spesifikasi utama dari ponsel ini dan juga terdapat stiker besar yang menjelaskan fungsi dari SIM Tray serta petunjuk bagaimana cara menggunakan untuk memasukkan 2 SIM bersamaan dengan kartu microSD.

Isi Box Redmi Note 8

Selain itu di dalam box juga terdapat aksesoris standar lainnya yang disertakan. Terdapat Adaptor Charger yang telah mendukung pengisian daya 18W bersamaan dengan kabel USB Type-C, dan untuk Earphone seperti biasa Xiaomi tidak memberikan unit Earphone pada box penjualan produknya.

BACA JUGA :  Resmi Dirilis di Indonesia, Ini Dia Harga dan Spesifikasi Realme 3

Lanjut ke unit Redmi Note 8, kesan pertama saya pada saat pertama kali memegang Redmi Note 8, rasanya cukup premium dan solid. Pada bagian bodi belakang yang telah dilapisi kaca, menurut saya menjadi pilihan desain yang sangat mengagumkan untuk ponsel dengan harga 2 jutaan, karena langsung memberi kesan mewah dan tidak murahan. Pilihan warna Neptune Blue ini juga menurut saya sangat mengagumkan untuk dilihat, dengan perpaduan gradasi warna biru dan ungu yang menawan.

Ponsel ini akan tersedia secara eksklusif di channel online resmi Xiaomi yaitu Mi.com dan juga tersedia di channel offline resmi Xiaomi, Authorized Mi Store pada tanggal yang sama.

Apa Saja yang Ada di Dalam Box ?

  • Unit Redmi Note 8
  • Adaptor Charger 18W
  • Kabel USB Type-C
  • SIM Tray
  • Soft Case
  • Panduan Pengguna
  • Kartu Garansi

Spesifikasi Redmi Note 8

HargaRp 1.999.000 (3/32 GB), Rp 2.199.000 (4/64 GB), Rp 2.799.000 (6/128 GB)
OSMIUI 10 – Android 9.0 (Pie)
LAYARIPS LCD 6,3 inches, 1080 x 2340 piksel, rasio 19:9
ProcessorCPU: Snapdragon 665, Octa-core (4×2.0 GHz, 4×1.8 GHz); GPU: Adreno 509
RAM/ROM3+32, 4+64, 6+128 GB
Kamera Belakang
  • 48 megapiksel, f/1.8, PDAF, wide lens
  • 8 megapiksel, f/2.2, ultrawide lens
  • 2 megapiksel, f/2.4, macro lens
  • 2 megapiksel, f/2.4, depth sensor
Kamera Depan13 MP
Baterai4000mAh
Fitur-fiturDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by), USB Type-C, 3,5mm audio jack

 

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Review

Review Mi Note 10 Pro : Smartphone dengan Kamera 108MP Pertama di Dunia

Published

on

Spesifikasi Mi Note 10 Pro

HargaRp 6.999.000 (8GB RAM/256GB Internal Memory)
LayarAMOLED 6.47 inci, 1080 x 2340 pixel, rasio 19.5:9
Dimensi157.8 x 74.2 x 9.7 mm
ChipsetCPU: Snapdragon 730G (8 nm); GPU: Adreno 618
RAM8GB
Penyimpanan Internal256GB
Kamera Belakang108 MP (8P lens), f/1.7, 25mm (wide), 1/1.33″, 0.8µm, PDAF, Laser AF, OIS
12 MP, f/2.0, 50mm (telephoto), 1/2.55″, 1.4µm, Dual Pixel PDAF, Laser AF, 2x optical zoom
5 MP (upscaled to 8MP), f/2.0, (telephoto), 1.0µm, PDAF, Laser AF, OIS, 5x optical zoom
20 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 1/2.8″, 1.0µm, Laser AF
2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm (dedicated macro camera)
Kamera Depan32 MP
Baterai5.260 mAh
KonektorUSB Type-C
Kartu SIMDual SIM
Sistem OperasiMIUI 11 (Android 9 Pie)
KeamananFingerprint on Screen & AI Face Unlock
WarnaMidnight Black, Aurora Green & Glacier White

 

Trenteknologi.com – Setelah ditunggu para Mi Fans, akhirnya Xiaomi membuka tahun 2020 dengan meluncurkan smartphone Flagshipnya ke Indonesia yaitu Mi Note 10 Pro yang menjadi smartphone pertama di dunia dengan lima kamera beresolusi 108MP.

Dengan spesifikasi ponsel Flagship, Xiaomi Mi Note 10 Pro dibandrol dengan harga yang terbilang murah dengan harga Rp. 6.999.000, Xiaomi telah mengguncang industri dengan smartphone terbarunya yang membawa lima kamera, chipset Snapdragon 730G, dan kapasitas baterai besar 5.260mAh.

Desain dengan Nuansa Kelas Atas

Mi Note 10 Pro memiliki desain dengan nuansa kelas atas, dengan bagian depan dan belakang yang telah dibalut Corning Gorilla Glass 5 dengan bingkai aluminium yang membuat ponsel ini sangat kokoh. Ponsel ini memiliki dimensi yang cukup tebal dan bobot yang berat, kemungkinan besar karena kapasitas baterai yang sangat besar dan modul lima lensa kamera. Muncul dalam tiga pilihan warna, yaitu Midnight Black, Aurora Green, dan Glacier White yang saat ini menjadi unit yang Kami terima.

Di bagian depan, tampilan Mi Note 10 Pro memiliki tepi melengkung dan lekukan di bagian atas tempat kamera depan berada yang juga dikelilingi dengan bezel ramping di sekitar tampilan tepinya.

Lalu di bagian belakang terdapat lima modul kamera Mi Note 10 Pro, dengan tiga lensa yang ditempatkan dalam modul yang menonjol, sementara dua lainnya ditempatkan di bawahnya. Modul kamera pada ponsel ini cukup besar dan menonjol seperti Redmi Note 8, sehingga cukup mengganggu ketika ponsel ini diletakkan di atas permukaan yang datar.

BACA JUGA :  Vivo Pelopori Tren Teknologi Screen Touch ID

Terletak di sisi kanan atas adalah tombol power beserta volume dan juga SIM Tray yang terletak di bagian kanan bawah. Dan seperti biasanya IR blaster dan mikrofon terletak di bagian atas.

Sementara di bagian bawah, masih terdapat lubang jack headphone 3,5mm, speaker, mikrofon utama dan juga port USB-C.

Layar AMOLED

Mi Note 10 Pro hadir dengan layar FHD + AMOLED 6,47 inci, beresolusi 2340 x 1080 dan dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 5. Dengan tingkat kecerahan mencapai 600 nits pada layarnya, membuat ponsel ini masih cukup nyaman ketika digunakan dibawah sinar matahari.

Layar pada ponsel ini juga telah mendukung fitur Fingerprint. Fingerprint sensor di layar berfungsi dengan cepat dan akurat selama Kami menggunakan. Xiaomi juga telah memperluas ukuran sensor Fingerprint tersebut sekaligus mengurangi ketebalannya hingga 88%. Sensor optik sekarang menjadi 7 x 9mm yang sebelumnya adalah 7 x 7mm.

Smartphone dengan Penta-Camera Bersensor 108MP Pertama di Dunia

Hal utama yang menjadi nilai jual dari Mi Note 10 Pro adalah kamera utamanya yang mengusung sensor sebesar 108MP. Untuk kamera utama dengan lensa 108MP dengan sensor terbaru dari Samsung ISOCELL Bright HMX, kualitas gambar yang dihasilkan menurut Kami sangat detail dengan warna yang pas. Maka dari itu ketika hasil foto tersebut Kami coba perbesar, detailnya tetap dipertahankan dan tidak terlihat terlalu pecah.

Foto dengan cahaya rendah juga cukup baik. Dalam mode malam, kualitas foto sangat minim Noise dengan detail yang masih cukup baik.

Selain kamera utama 108MP yang menjadi nilai jual ponsel ini, ponsel ini juga dilengkapi dengan lensa kamera lainnya yaitu lensa potret 12MP, telefoto 5MP yang dapat membidik dengan zoom 10x dan 5x, 20MP ultra-wide, makro 2MP dan kamera depan beresolusi 32MP.

Perfoma Sangat Baik Walaupun Tidak Menggunakan Chipset Andalan Qualcomm

Untuk sektor performa, Mi Note 10 Pro hadir dengan chipset Qualcomm Snapdragon 730G yang dipasangkan dengan GPU Adreno 618 dan 8GB RAM beserta kapasitas penyimpanan internal sebesar 256GB. Untuk menguji seberapa baik performa dari ponsel ini, Kami melakukan ujicoba menggunakan beberapa aplikasi Benchmark dengan hasil :

BACA JUGA :  29 Juni 2015 Mendatang, Xiaomi Siap Luncurkan Redmi Note 2 ?

  • AnTuTu – 257.349
  • 3DMark – 2.345 (OpenGL), 2.236 (Vulkan)
  • PCMark – 7.444 (Work 2.0)
  • Geekbench 5 – 543 (Single-core), 1.735 (Multi-core)

Mi Note 10 Pro mampu memberikan kinerja yang baik untuk berbagai macam hal, seperti bermain Game yang Kami coba dengan Call of Duty, Asphalt 9 ataupun Need for Speed tanpa kendala dengan FPS yang stabil dan yang juga membuat Kami takjub adalah tingkat panas yang juga sangat stabil, walaupun digunakan untuk bermain Game selama berjam-jam. Untuk berbagai aktivitas Multitasking pun ponsel ini dapat memberikan performa terbaiknya, secara keseluruhan Kami sangat puas dengan performa dari ponsel terbaru Xiaomi ini.

Konektivitas Lengkap dan Baterai Berkapasitas Besar

Dual 4G VoLTE, WiFi, Bluetooth 5.0, GPS, dan berbagai fitur konektivitas telah disematkan pada Mi Note 10 Pro, termasuk fitur IR blaster dan dukungan NFC.

Baterai raksasa berkapasitas 5,260mAh dengan dukungan pengisian cepat 30W juga telah dilengkapi di Mi Note 10 Pro. Yang Kami rasakan, konsumsi daya baterai pada ponsel ini sangat irit, hal tersebut masuk akal karena Snapdragon 730G jauh lebih hemat daya daripada Snapdragon 855. Dengan dukungan pengisian cepat 30W, Kami hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam untuk mengisi daya hingga 100%.

Kelebihan Mi Note 10 Pro :

  • Layar AMOLED
  • Kamera 108MP
  • Kualitas foto sangat detail dengan warna yang pas
  • Desain yang indah dengan material yang kokoh
  • Kapasitas baterai sangat besar
  • Mendukung pengisian cepat 30W
  • Terdapat dukungan NFC

Kekurangan Mi Note 10 Pro :

  • Modul kamera belakang terlalu menonjol
  • Belum mendukung Wireless Charging

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Mi Note 10 Pro adalah ponsel dengan spesifikasi Flagship yang sangat mengesankan. Kamera beresolusi 108MP dengan hasil foto yang berkualitas pada detail dan warnanya yang sangat baik, performanya yang mengesankan, daya tahan baterai yang irit dan desain yang sangat indah dengan kesan yang kokoh, sudah cukup pantas untuk menjadi salah satu pilihan Anda di tahun 2020 ini.

Continue Reading

Review

Review Redmi Note 8: Smartphone 2 Jutaan dengan Kamera & Performa Terbaik

Published

on

Spesifikasi Redmi Note 8

Harga3GB/32GB Rp 1.999.000, 4GB/64GB Rp 2.199.000, 6GB/128GB Rp 2.799.000
LayarIPS LCD 6,3 inches, 1080 x 2340 piksel, rasio 19:9
Dimensi164.4 x 75.6 x 9.3 mm
ChipsetCPU: Snapdragon 665, Octa-core (4×2.0 GHz, 4×1.8 GHz); GPU: Adreno 610
RAM3GB / 4GB / 6GB
Penyimpanan Internal32 GB, 64 GB, 128 GB (Ekspansi microSD hingga 256 GB)
Kamera Belakang48 MP f/1.8 PDAF (Main Camera), 8 MP f/2.2 (Ultra-Wide), 2 MP f/2.4 (Macro), 2 MP f/2.4 (Depth Sensor)
Kamera Depan13 MP
Baterai4.000 mAh
KonektorUSB Type-C
Kartu SIMDual SIM
Sistem OperasiMIUI 10 (Android 9 Pie)
KeamananFingerprint & AI Face Unlock
WarnaNeptune Blue, Space Black & Moonlight White

 

Trenteknologi.com – Redmi Note 8 hadir sebagai varian lain dari Redmi Note 8 Pro, dengan berbagai peningkatan yang cukup besar dari pendahulunya yaitu Redmi Note 7. Berbagai peningkatan besar dapat terlihat dari sektor prosesor yang digunakan, desain hingga pengaturan empat kamera yang terdiri dari kamera utama 48MP, 8MP Ultra-Wide, 2MP depth sensor dan juga 2MP lensa makro.

Lalu seperti apa hasil kamera yang dihasilkan oleh Redmi Note 8, yang diklaim Xiaomi sebagai 48MP Kamera Superstar, dan juga bagaimana performanya untuk aktivitas Multitasking dan juga bermain game ? Berikut ini ulasan tentang Redmi Note 8 dari Trenteknologi.com.

Desain Makin Cantik dan Elegan dengan Balutan Gorilla Glass 5

Desain Redmi Note 8 terinspirasi dari pendahulunya yaitu Redmi Note 7. Namun ponsel terbaru dari Xiaomi ini memiliki tepi layar yang lebih melengkung jika dibandingkan dengan Redmi Note 7, sehingga akan membuat pengguna lebih nyaman pada saat menggeggam ponsel ini.

Desain

Redmi Note 8 hadir dalam tiga pilihan warna yaitu Neptune Blue, Space Black dan Moonlight White. Dan unit yang Trenteknologi.com dapatkan adalah unit dengan warna Neptune Blue, yang memberikan kesan pertama pada kami kepada ponsel ini yaitu “Cantik & Elegan” dengan desain holografik S-Curve yang terlihat pada saat terkena pantulan cahaya.

Gorilla Glass 5

Perlindungan Gorilla Glass 5 – 2.5D di bagian depan dan bodi belakang juga menambah keseluruhan desain pada ponsel ini menjadi terlihat lebih elegan. Bodi belakang yang dilapisi oleh Gorilla Glass 5, membuat ponsel ini 2 jutaan ini terlihat mahal, berkelas dan premium untuk di kelasnya. Pada bagian belakang juga, pengaturan Quad Camera pada sisi kiri bodi juga lebih menambahkan keseluruhan desain yang sempurna untuk ponsel ini.

Pada bagian atas, masih terdapat ciri khas dari ponsel-ponsel Xiaomi yaitu IR Blaster dan juga terdapat lubang Mic. Di bagian bawah, terdapat lubang jack headphone 3.5mm, port USB Type-C, lubang Mic dan juga lubang Speaker.

Layar dengan Tingkat Kecerahan yang Baik di Semua Situasi Pencahayaan

Redmi Note 8 hadir dengan layar berukuran 6,3 inci yang memiliki resolusi layar 2280 x 1080p (FHD +) dan memiliki 90% rasio screen-to-body sehingga sangat nyaman untuk menonton video ataupun melihat hasil foto. Layar Redmi Note 8 tidak hanya besar tetapi juga cukup cerah di semua situasi pencahayaan, termasuk di bawah sinar matahari sekalipun.

Layar Redmi Note 8

Kami menggunakan ponsel ini untuk melihat sosial media, menonton video di YouTube dan juga bermain Game. Layar pada Redmi Note 8 juga sudah terverifikasi oleh TUV Rheinland, serta terdapat juga fitur mode sunlight, mode malam dan mode baca untuk meningkatkan kenyamanan pengguna.

BACA JUGA :  Review : Spesifikasi, Harga & Gambar Lengkap XiaoMi Bluetooth Speaker !

Smartphone 2 Jutaan dengan Kamera Terbaik di Indonesia saat Ini

Mirip dengan Redmi Note 8 Pro, Redmi Note 8 juga dilengkapi dengan pengaturan empat kamera belakang. Perbedaannya hanya resolusi kamera utama yang digunakan, yaitu ponsel ini memiliki kamera utama dengan resolusi 48MP, berbeda dengan Redmi Note 8 Pro yang menggunakan kamera utama beresolusi 64MP. Secara default kamera pada ponsel ini mengambil gambar dalam resolusi gambar 12MP, untuk mendapatkan foto dengan resolusi 48MP pengguna harus memilih menu 48MP terlebih dahulu pada pengaturan aplikasi kamera. Ponsel ini juga dilengkapi lensa ultrawide 8MP, depth sensor 2MP, dan lensa makro 2MP.

Quad Camera 48MP

Pada saat Kami mencoba kamera Redmi Note 8 secara langsung, Kami sangat puas dengan hasil foto yang dihasilkan, hasil foto yang dihasilkan sangat menakjubkan dalam kondisi cahaya yang baik ataupun minim cahaya. Walaupun cukup sulit untuk mengambil fokus pada saat minim cahaya, namun dengan mengaktifkan fitur Night Mode pada kamera ponsel ini, hasil foto menjadi lebih terang dan lebih baik dalam situasi minim cahaya.

Hasil Kamera Ultra Wide

Lalu jika dalam situasi cahaya yang baik, kamera utama dengan resolusi 12MP maupun 48MP berhasil menghasilkan foto yang luar biasa dengan banyak detail dan warna yang akurat. Lensa Ultra-Wide pada Redmi Note 8 juga berhasil menghasilkan foto Wide dengan lebar yang cukup baik menurut Kami.

Pada saat Kami mencoba mengambil foto pada malam hari atau kondisi minim cahaya juga sangat puas. Kami mendapatkan hasil foto yang sangat detail dengan warna yang juga tajam pada saat malam hari, dengan menggunakan Night Mode atau bahkan hanya menggunakan kamera utama beresolusinya 48MP saja.

Performa Handal untuk Aktivitas Multitasking dan Game Selama Berjam-jam

Pada data spesifikasinya, Redmi Note 8 adalah versi yang ditingkatkan dari Redmi Note 7 termasuk peningkatan dari sektor dapur pacunya. Redmi Note 7 ditenagai oleh prosesor Snapdragon 660 dan ponsel ini ditenagai oleh prosesor Snapdragon 665 Octa-Core dengan kecepatan hingga 2.0 GHz dan dukungan grafis Adreno 610. Redmi Note 8 hadir dalam tiga pilihan RAM, 3GB, 4GB dan 6GB. Pengguna juga dapat memilih varian penyimpanan internal mulai dari 32GB, 64GB dan 128GB.

Untuk unit yang Kami gunakan ini, Kami menggunakan Redmi Note 8 dengan RAM 6GB dan penyimpanan internal 128GB. Dalam waktu yang Kami habiskan bersama ponsel, Kami menemukan bahwa ponsel ini memiliki kinerja yang sangat mulus dan bagus dalam multi-tasking ataupun juga pada saat digunakan untuk bermain Game.

Kami menggunakan menggunakan ponsel ini sebagai Daily Driver selama kurang lebih 2 mingguan. Untuk hal multitasking, Kami menggunakan ponsel ini untuk membuka berbagai jenis aplikasi sosial media ataupun menonton video di YouTube, Kami sangat puas dengan kinerja dari ponsel ini tanpa menemukan masalah apapun.

BACA JUGA :  Sambut Harbolnas 12.12, Infinix Bersama Lazada Berikan Kejutan 'It`s PayDay Time!'

Kami juga melakukan pengujian performa ponsel ini dengan menggunakan beberapa aplikasi Benchmark untuk mengetahui skor performa yang didapatkan secara akurat.

  • AnTuTu Benchmark : 16.8362
  • GeekBench : Single Core 313 – Multi Core 1294
  • PCMark Work 2.0 : 6.602

Lalu Kami juga menggunakan ponsel ini untuk memainkan game-game yang membutuhkan kinerja ekstra dari prosesor, RAM dan juga grafis seperti PUBG, Call of Duty hingga Asphalt 9. Hasilnya ? Kami benar-benar puas dengan performa dari ponsel ini, Kami tidak menemukan masalah Lagging ataupun Drop FPS pada saat bermain Game yang cukup berat, bahkan temperatur panas yang dihasilkan pun tetap stabil walaupun Kami gunakan untuk bermain Game selama berjam-jam.

Untuk sektor perangkat lunaknya, telah berjalan di MIUI 10 berbasis Android 9 Pie. Salah satu hal yang paling unik dari ponsel terbaru dari Xiaomi ini adalah terdapat sebuah fitur Clear Speaker yang berguna untuk membersikan debu-debu yang menempel pada lubang speaker, sehingga performa dari speaker akan tetap terus optimal.

Fitur Clear Speaker

Fitur Clear Speaker ini dapat ditemukan pada menu Setting > Additional Setting > Speaker. Setelah mengaktifkan fitur ini, speaker akan mengeluarkan suara statis selama 30 detik yang diklaim berguna untuk mengeluarkan debu-debu pada lubang speaker.

Daya Tahan Baterai yang Tahan Seharian dengan Dukungan Fast Charging 18W

Di sektor baterai Kami dapat mengatakan bahwa ponsel ini memiliki daya baterai yang luar biasa. Ponsel ini dibekali dengan baterai berkapasitas 4000 mAh. Pada saat Kami menggunakan ponsel ini untuk membuka berbagai jenis aplikasi sosial media ataupun menonton video di YouTube, ponsel ini dapat bertahan hingga 13 jam lebih. Dan jika Kami menggunakan ponsel ini untuk bermain Game, daya tahan baterainya dapat bertahan hingga 8 jam lamanya.

Redmi Note 8 telah dilengkapi dengan port USB Type-C yang telah mendukung Fast Charging 18W. Dengan dukungan Fast Charging 18W tersebut, ponsel ini hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk terisi penuh dari 0% hingga 100%.

Kelebihan Redmi Note 8

  • Performa tinggi untuk Multitasking dan Game
  • Kualitas kamera detail dan warna akurat di semua situasi cahaya
  • Bodi kokoh dan kuat dengan balutan Gorilla Glass 5
  • Desain holografik S-Curve yang menambah kesan mewah
  • Banyak pilihan varian RAM dan penyimpanan

Kekurangan Redmi Note 8

  • Banyak aplikasi Bloatware dan notifikasi yang mengganggu dari MIUI

Kesimpulan

Redmi Note 8 dijual dengan harga mulai Rp. 1.999.000 untuk varian terkecil RAM 3GB dan penyimpanan 32GB. Varian lain dengan RAM 4GB + 64GB dan 6 + 128GB dibandrol dengan harga Rp. 2.199.000 dan Rp. 2.799.000.

Secara keseluruhan, Redmi Note 8 adalah smartphone yang sangat mengesankan. Dengan harga hanya Rp. 2.799.000 untuk seri paling atas (6GB/128GB), hasil kamera luar biasa yang didapatkan, desain yang cantik dan elegan serta performa yang luar biasa menurut Kami sangat setimpal dengan harga yang ditawarkan.

Continue Reading

Review

Review Realme 5 : Hape dengan Quad-Camera Ga Perlu Mahal, Hanya 2 Jutaan !

Published

on

Spesifikasi Realme 5

Harga3GB/32GB Rp 1.999.000, 3GB/64GB Rp 2.199.000, 4GB/128GB Rp 2.699.000
Layar6.5 inches, IPS LCD Resolusi 720 x 1600
Dimensi164.4 x 75.6 x 9.3 mm
ChipsetSnapdragon 665, Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver), Adreno 610
RAM3GB / 4GB
Penyimpanan Internal32 GB, 64 GB, 128 GB (Ekspansi microSD hingga 256 GB)
Kamera Belakang12 MP, f/1.8 (Wide) , 8 MP, f/2.2 (Ultra Wide), 2 MP, f/2.4 (Macro), 2 MP, f/2.4 (Depth Sensor)
Kamera Depan13 MP, f/2.0
Baterai5.000 mAh
KonektormicroUSB
Kartu SIMDual SIM
Sistem OperasiColor OS 6 (Android 9 Pie)
KeamananFingerprint & Face Unlock
WarnaCrystal Blue & Crystal Purple

 

Trenteknologi.com – Meskipun merupakan pemain yang relatif baru di pasar smartphone Indonesia, namun kini Realme telah menjadi salah satu merek smartphone yang sudah cukup populer di Indonesia. Dan popularitas tersebut telah dicapai dalam kurun waktu yang cukup singkat, terbukti dalam waktu hampir satu tahun Realme telah menduduki posisi Top 7 sebagai merek smartphone yang paling cepat berkembang di dunia, dan khususnya di Indonesia menduduki peringkat ke-5. Dalam waktu hampir satu tahun ini saja, Realme telah meluncurkan banyak sekali varian ponsel, seperti Realme 2 dan 2 Pro, Realme 3 dan 3 Pro, Realme C1 dan Realme C2 dan banyak lagi.

Lalu pada beberapa waktu yang lalu, Realme 5 secara resmi meluncur di Indonesia. Realme memboyong dua varian secara langsung yaitu Realme 5 dan Realme 5 Pro. Seperti namanya, Realme 5 memiliki spesifikasi standar dengan harga yang terjangkau, sedangkan untuk varian ‘Pro’ dibekali fitur dan spesifikasi yang lebih tinggi, namun dengan harga yang juga sama-sama terjangkau untuk sebuah smartphone dengan spesifikasi tinggi. Dan kali ini Trenteknologi.com mendapatkan kesempatan untuk mencicipi Realme 5 untuk merasakan secara langsung bagaimana kesan pertama hingga performa dari smartphone dengan harga mulai 2 jutaan ini, berikut ini adalah ulasannya.

Desain Kristal Terbaru dengan Layar yang Lebih Besar

Realme 5 hadir dalam dua pilihan warna yaitu Crystal Blue dan Crystal Purple. Dan kebetulan Kami mendapatkan unit dengan varian warna Crystal Blue. Ponsel ini hadir dengan desain kristal terbaru pada sisi belakang nya, yang menurut Kami memberikan kesan elegan dan tampan pada ponsel ini. Untuk bobotnya sendiri, ponsel ini relatif ringan tetapi karena memiliki dimensi ketebalan yang cukup besar yaitu 9.3mm, menjadi cukup sulit mengoperasikan ponsel ini hanya dengan satu tangan. Tetapi menurut Kami hal tersebut masih terbilang wajar, karena ponsel ini telah dilengkapi dengan baterai besar berkapasitas 5000 mAh.

Desain Kristal Realme 5

Realme 5 memiliki layar besar HD+ berukuran 6,5 inci dengan bezel yang tipis sehingga menambah pengalaman menonton ataupun bermain Game yang luar biasa, bahkan pada saat Kami menggunakan ponsel ini di bawah sinar matahari langsung juga sangat nyaman, karena tingkat kecerahannya yang memuaskan. Ponsel ini memiliki tepi melengkung yang diselimuti dengan lapisan Corning Gorilla Glass 3+ pada layarnya.

Pada bagian belakanganya, terdapat kamera dengan pengaturan Quad-Camera yang disejajarkan secara vertikal, dan juga LED Flash yang ditempatkan di sebelah modul kamera. Di bagian belakang juga terdapat sensor sidik jari dan Realme 5 juga telah mendukung fitur Face Unlock sebagai fitur keamanan.

Layar Realme 5

Di sebelah kanan terdapat tombol Power, lalu di sisi kirinya terdapat tombol volume yang bersamaan dengan slot SIM Tray. Realme 5 telah mendukung pengaturan Dual nano-SIM dan juga terdapat slot microSD yang dapat menampung kapasitas hingga 256 GB.

BACA JUGA :  Vivo Pelopori Tren Teknologi Screen Touch ID

Lalu untuk lubang speaker terletak di bagian bawah, bersamaan dengan port micro USB untuk pengisian daya dan juga lubang jack headphone 3.5mm.

Performa Memuaskan, Untuk Multitasking ataupun Bermain Game

Pada sektor dapur pacunya, Realme 5 telah dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 665 AIE Octa-core dengan dukungan grafis Adreno 610. Realme hadir dalam dua pilihan RAM, 3GB dan 4GB. Pengguna juga dapat memilih varian penyimpanan 32GB, 64GB dan 128GB. Untuk unit yang Kami ulas ini, Kami mendapatkan Realme 5 dengan RAM 4GB dengan penyimpanan 128GB.

Selama Kami menggunakan Realme 5 ini selama kurang lebih 2 minggu, ponsel ini sangat dapat diandalkan untuk penggunaan sehari-hari, untuk Multitasking seperti mengakses sosial media hingga streaming video di YouTube. Bahkan pada saat Kami gunakan untuk bermain Game seperti PUBG, Call of Duty hingga Real Racing, Kami tidak menemukan masalah Lagging atau masalah temperatur ponsel yang naik secara tidak wajar. Mungkin perfoma baik yang dihasilkan pada saat bermain Game, menurut Kami juga tidak lepas dari peran Game Space yang memang diciptakan untuk memberikan pengalaman bermain Game yang luar biasa.

Selain itu Kami juga melakukan pengujian performa Realme 5 ini dengan menggunakan beberapa aplikasi Benchmark guna mendapatkan angka yang lebih akurat. Dari AnTuTu Benchmark, hasilnya ponsel ini mendapatkan skor 17.0088. Lalu Kami juga melakukan pengetesan menggunakan GeekBench yang mencatat skor 296 untuk Single-Core dan 1.279 untuk Multi-Core. Dan pada saat Kami menggunakan pengujian melalui aplikasi PCMark Work 2.0 skor yang didapat adalah 7.586.

Pada sisi perangkat lunaknya, Realme 5 berjalan pada ColorOS versi 6.0.1 berbasis Android 9 Pie yang hadir dengan tampilan UI yang lebih menarik. Peningkatan banyak sekali dilakukan pada ColorOS versi 6.0 ini, seperti fungsi manajemen hotspot dan mendukung fungsi Google AR Core.

Peningkatan desain juga diberikan ke sistem lockscreen, layar home dan halaman notifikasi yang lebih luas, dan bahasa desain realme yang lebih dekat dengan pengalaman Android stock. Fungsi real privacy juga dapat membantu pengguna menyembunyikan aplikasi, foto, file, dan konten lainnya ke dalam ruang privasi, terlindungi oleh sidik jari. Fungsi manajemen hotspot akan membantu mengatur kecepatan dan penggunaan jaringan hotspot.

Smartphone dengan Quad-Camera Pertama di Indonesia, dengan Harga hanya 2 Jutaan

Untuk pertama kalinya Realme memperkenalkan pengaturan kamera belakang dengan Quad-Camera pada seri Realme 5. Tidak seperti Realme 5 Pro, yang hadir dengan sensor utama 48MP, Realme 5 menawarkan kamera utama dengan sensor 12MP di bagian belakang.

Kamera 12MP menawarkan bukaan f/1.8 yang disertai dengan lensa Ultra-Wide 8MP dengan lebar pandangan hingga 119 derajat, sensor kedalaman 2MP, dan lensa makro 2MP. Untuk selfie, pengguna mendapatkan kamera 13MP di bagian depan.

Quad Camera Realme 5

Kami langsung mencoba bagaimana kinerja kamera dari Realme 5 ini, kami perhatikan bahwa foto-foto yang dihasilkan kurang detail. Gambar tidak cukup tajam terutama pada saat Kami coba untuk perbesar foto tersebut. Tetapi menurut Kami, hasil kamera yang kurang detail tersebut bukan diakibatkan dari sensor kamera yang digunakan, namun dari Software aplikasi kamera bawaan ponsel ini. Hal tersebut beralasan karena pada saat Kami mencoba mengambil foto menggunakan Google Camera (Gcam versi MOD), hasil foto yang Kami dapatkan lebih detail dan cukup tajam pada saat diperbesar. Maka dari itu harapan Kami terhadap Tim pengembang perangkat lunak dari ColorOS, dapat memperbaiki masalah ini pada update ColorOS selanjutnya.

Hasil Kamera Ultra Wide Realme 5

Realme mengatakan bahwa lensa sudut lebar 8MP memiliki lebar pandang 119 derajat. Kami dapat mengambil beberapa foto lebar dengan sangat memuaskan menggunakan lensa Ultra Wide ini dengan minim Noise.

BACA JUGA :  29 Juni 2015 Mendatang, Xiaomi Siap Luncurkan Redmi Note 2 ?

Dan sekali lagi penting untuk dicatat bahwa Realme 5 adalah salah satu ponsel murah pertama yang hadir dengan lensa makro. Lensa makro dengan resolusi 2MP dapat menangkap detail yang baik pada hasil fotonya dan Kami benar-benar terkesan dengannya. Namun terdapat sedikit kekurangan pada lensa makro ini, yaitu lensa tersebut tidak dapat melakukan fokus otomatis sehingga Kami harus sedikit berjuang untuk mendapatkan fokus yang baik pada objek saat mengambil foto menggunakan lensa makro.

Hasil Kamera Nightscape Realme 5_

Kamera pada Realme 5 juga telah dilengkap dengan berbagai fitur, salah satunya adalah fitur Nightscape yang berguna untuk pengguna yang gemar melakukan aktivitas fotografi Landscape pada malam hari. Untuk hasil foto yang dihasilkan oleh fitur Nightscape ini, Kami juga sangat puas dengan hasil fotonya, hanya kekurangannya terdapat pada White Balance yang menurut kami terlalu Warm jika mengambil foto dengan sumber cahaya dari lampu yang remang.

Hasil Kamera Mode Normal Realme 5

Lalu untuk kamera depannya, ponsel ini memiliki kamera selfie 13MP dengan model HDR. Kamera depan pada ponsel ini dapat menghasilkan foto Selfie yang baik di siang dan malam hari. Tanpa memerlukan LED Flash sebagai sumber cahaya untuk area dengan pencahayaan rendah, sumber cahaya yang berasal dari layar ponsel sudah cukup menyediakan cahaya yang baik untuk mengambil foto Selfie.

Baterai Tahan Lama, Hingga 2 Hari

Realme 5 didukung oleh baterai besar berkapasitas 5000mAh yang Kami rasakan secara langsung dapat bertahan hingga dua hari untuk penggunaan standar seperti mengakses sosial media hingga streaming video di YouTube. Dan jika digunakan untuk bermain Game, daya tahan baterai dari ponsel ini pun masih cukup bertahan untuk satu hari.

Kekurangan dari sektor baterai Realme 5 ini adalah masih menggunakan port microUSB tanpa fitur Fast Charging, dengan adaptor yang memiliki daya 5V/2.0A. Untuk ponsel dengan kapasitas baterai besar 5000mAh, jelas cukup memakan waktu pada saat melakukan pengisian daya baterainya. Kami membutuhkan waktu hampir dua setengah jam untuk mengisi daya baterai hingga penuh. Pengisian daya baterai bisa memakan waktu yang sedikit lebih cepat cukup dalam waktu sekitar satu jam, jika Kami menggunakan adaptor dengan daya 5V/2.4A.

Kelebihan Realme 5 :

  • Kualitas material yang bagus, penampilan tampan dengan desain Kristal
  • Layar besar dengan bezel yang tipis
  • Daya tahan baterai yang dapat bertahan hingga 2 hari
  • Pengaturan Quad-Camera yang sangat bermanfaat di berbagai momen
  • Prosesor yang efisien dengan performa yang memuaskan

Kekurangan Realme 5 :

  • Belum mendukung fitur Fast Charging
  • Hasil foto yang dihasilkan dari kamera belakang jika menggunakan aplikasi kamera bawaan, kurang detail

Kesimpulan

Realme 5 hadir dengan harga mulai Rp. 1.999.000 untuk varian terkecil RAM 3GB dan penyimpanan 32GB. Varian lain dengan RAM 3GB + 64GB dan 4 + 128GB dibandrol dengan harga Rp. 2.199.000 dan Rp. 2.699.000.

Dengan bandrol harga tersebut, menurut Kami Realme 5 merupakan smartphone yang patut menjadi pilihan, mengingat ponsel ini sebagai ponsel Quad-Camera pertama di Indonesia dengan harga hanya 1 jutaan, daya tahan baterai yang baik dan performa yang memuaskan.

Realme 5 juga menawarkan layar yang lebih besar dengan desain bodi yang tampan jika dibandingkan dengan generasi ponsel Realme sebelumnya. Namun Kami berharap kepada Tim pengembang ColorOS untuk dapat memperbaiki dan meningkatkan aplikasi kamera bawaannya untuk mendapatkan hasil foto yang lebih baik pada Realme 5 ini.

Continue Reading
Advertisement

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement

Top 5